Apakah saya salah jika bertanya pada guru?

AY Info Penanya: AY, Pria, 2019 Tahun
Apakah saya salah jika bertanya pada guru?Apakah sopan santun saya tidak ada ?Salahkah saya bertanya pertanyaan yang tidak ada di materi pelajaran?Pantas kah saya di tampar dan di katakan bodoh ?Benarkah guru yang membesar besar kan masalah ?Benarkah guru yang membimbing dengan bentak² ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AY,

Dalam memberikan pendidikan pada anak baik oleh orang tua maupun oleh guru di sekolah memang memerlukan kesabaran tetapi tidak jarang beberapa orang tua ataupun guru dapat kewalahan dan mengalami stres sehingga menimbulkan respon yang tidak baik pada anak didiknya. Apabila kehilangan kontrol atas emosi atau tidak mampu mengendalikan diri dapat terjadi pemberian hukuman berlebihan seperti memukul ataupun mengeluarkan kata-kata kasar yang dapat memberi efek negatif pada anak seperti cedera fisik, gangguan mental, memicu anak menjadi agresif, dan dapat membuat anak menarik diri dari lingkungan sosial.

Apabila adik AY mengalami hal demikian di sekolah, ada baiknya untuk tidak memendam masalah ini sendiri, adik AY dapat menceritakan pada orang tua atau orang yang lebih dewasa lain di sekolah seperti guru Bimbingan Konseling / Bimbingan Penyuluh (guru BP atau guru BK) agar dapat dilakukan mediasi antara adik AY yang didampingi orang tua dengan pihak sekolah untuk menjelaskan masalah yang timbul.

Pihak sekolah juga perlu untuk melakukan evaluasi baik dari cara mengajar ataupun karakter pengajar tersebut agar menimbulkan suasana belajar mengajar yang nyaman. Jangan ragu juga untuk meminta pertolongan jika masalah ini membuat adik AY merasa adanya perundungan di sekolah agar dapat segera mendapatkan pertolongan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

AY
11 Sep 2019, 10:37
Saya merasa akhir² ini sering melamun , merasa tertekan , takut kepada guru , pendiam , susah berkonsentrasi Guru tsb membuat masalah yang sepele menjadi masalah yang besar , tidak hanya itu dia berkata dengan nada yang tinggi dan perkataanya seolah olah membuat mental saya hilang Tapi saya sulit untuk menceritakan masalah saya kepada orang lain Saya takut jika berbicara terhadap guru BK dapat menjadi masalah lagi dengan guru tsb Saya merasa tidak ada orang yang bisa saya percaya Apakah itu wajar saya alami di usia 16 tahun dan baru masuk SMA ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab ADHD bisa dari gangguan pada bagian otak yang mengendalikan kemampuan konsentrasi anak

Jangan Asal Percaya, Ini Mitos dan Fakta Penyebab ADHD pada Anak

Banyak mitos yang beredar mengenai penyebab ADHD pada anak. Kelainan otak hingga cedera kepala dianggap sebagai penyebab ADHD pada Anak. Sedangkan penyedap makanan merupakan mitos penyebab ADHD.