07 Feb 2021, 22:53Psikologi

Apakah saya sakit Intermittent Explosive Disorder?

RN
Info Penanya: RN, Wanita, 22 Tahun
Sy takut dng lawan jenis ketika berumur 10 th smpai kuliah. Sy mnglmi yg menakutkan, sy tdk pernah bercerita pd siapapun Kec mantan sya. Sya selalu marah dn sakit hati Bla mendengar cerita orang maupun berita ttg pelecehan seksual, pemerkosaan dll krn sy pernah jdi saksi pelecehan seksual tmn sya ktika SD. Skrng semakin menjadi2 prsaan takut sya. Sya marah Smpe ngamuk Di dpn umum krna mantan sya tdk mau menjauihi tmn2ny yg sex bebas, ap sy salh? bgmn mengatasinya emosi yg sulit terkendli?
124 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RN,Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing dan secara tidak langsung lingkungan sekitar akan turut berperan membentuk kepribadian tersebut. Selain itu adanya trauma di masa lalu juga terkadang akan membekas dan menjadikan seseorang ketakutan dan was-was menjalani kehidupan.

Penyebab Anda takut dengan lawan jenis:

  • Adanya perlakuan dari lawan jenis yang tidak menyenangkan di masa lalu sehingga menjadikan Anda trauma untuk berhubungan dengan lawan jenis.
  • Hidup di tengah-tengah lingkungan yang membedakan kedudukan antara wanita dan pria.
  • Pernah menjadi korban pelecehan.
Perihal reaksi Anda yang berlebihan terhadap lawan jenis atau mantan pasangan Anda, seharusnya Anda bisa mengendalikan pikiran dan perasaan Anda. Karena Anda tidak bisa memaksakan kehendak terhadap setiap orang meski hal tersebut bertujuan baik. Setiap orang berhak memilih pilihannya masing-masing, terlepas apakah pilihan tersebut baik atau buruk. Yang bisa Anda lakukan adalah sekedar mengingatkan bahwa kebiasaan seks bebas tidaklah baik, selebihnya tentunya tergantung pilihan mantan pasangan Anda sendiri. Apalagi orang tersebut bukanlah pasangan Anda lagi sehingga Anda perlu mengontrol emosi Anda. Lakukan konseling ke psikolog bila Anda sulit mengendalikan diri sendiri.Salam sehat,dr. Vina
kesehatan mentalpost traumatic stress disorder (PTSD)manajamen amarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil