Apakah saya positif hamil atau tidak?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 2019 Tahun
Selamat siang , dokter saya izin tanya .Say mau tanya , 18 juli saya haid, 13 agustus saya haid, dan seharusnya tanggal 9-10 september saya sudah haid tpi belum haid juga, 2 hari lalu saya tespek dan menunjukan 2 garis dengan 2 kali tespek yg berbeda dan waktu yg berbeda juga .Pertanyaannya saya positif hamil tidak dokter ? Saya sudah cek ke dokter 2hari yg lalu di puskesmas desa tapi jawabannya tidak spesifik dok ketika ditanya saya positif hamil arau tidak, dokter hanya menjawab tunggu hasil usg 4 minggu lagi, karna pada saat itu saya di usg tapi di kantung rahim janinnya belum terlihat ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Siang RD,

Tanda pasti kehamilan adalah tampak adanya kantung janin di dalam rahim yang diketahui melalui pemeriksaan kadar hCG dan pemeriksaan USG. Pemerikasan USG ini dapat berbeda-beda dipengaruhi oleh ketrampilan operator dan juga alat USG itu sendiri. Jika sudah melakukan testpack dan hasilnya garis dua maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG ulang.

Meskipun hasilnya belum bisa dipastikan tidak perlu stres atau cemas. Tetap jaga kesehatan dan mempersiapkan diri untuk kehamilan dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga asupan nutrisi. USG ulang dapat dilakukan 2-4 minggu kemudian atau bisa meminta opini lain dengan memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kehamilan. Kenali juga tanda-tanda kehamilan yang timbul pada diri Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pantau air ketuban selama kehamilan

Perut Membesar Signifikan Saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Kelebihan Air Ketuban

Belum jelas apa pemicu kelebihan air ketuban, namun biasanya terjadi pada trimester akhir kehamilan. Meski tidak membahayakan selalu pantau kondisi kehamilan dan air ketuban Anda.