Apakah saya perlu mengunjungi psikolog?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 21 Tahun
dok saya ingin bertanya apakah saya perlu mengunjungi psikolog? karna ketika saya dihadapkan dengan masalah saya akan merasa frustasi dan cenderung mengingat kesalahan yg sudah saya buat. saya menjadi merasa tidak berguna dan bodoh. saat perasaan itu datang saya jadi sering melakukan self harm dan ingin bunuh diri. terkadang saya berharap tidak dilahirkan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AS.

Depresi adalah kondisi sedih yang berkepanjangan, dimana seseorang kehilangan minat untuk melakukan apapun. Depresi dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di otak, maupun adanya pengalaman traumatis yang mengubah cara pandang seseorang.

Seseorang yang depresi akan mengalami gejala-gejala berikut:

  • Mudah menangis atau marah
  • Mudah putus asa
  • Memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi atau mengerjakan sesuatu
  • Sering merasa bersalah, atau terbeban oleh kesalahannya di masa lalu
  • Merasa dirinya tidak berharga, sehingga ada dorongan untuk bunuh diri

Depresi termasuk gangguan kesehatan mental yang serius, dan sebaiknya ditangani oleh mereka yang kompeten di bidangnya, seperti psikiater atau psikolog. Sebelum diberikan terapi, biasanya psikiater atau psikolog akan mengajukan beberapa pertanyaan secara mendalam. Apabila diperlukan, mungkin akan dilakukan pemeriksaan fisik atau penunjang. Setelah itu, barulah diberikan terapi, seperti obat-obatan, konseling, maupun psikoterapi.

Apabila kondisi penderita memungkinkan untuk dilakukan rawat jalan, maka social support di lingkungan rumah juga sangatlah penting. Seseorang yang mengalami depresi sebaiknya mendapatkan dukungan dari keluarga, sahabat, dan teman-teman, agar proses penyembuhan dapat berlangsung secara optimal.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tertawa yang dapat dirasakan adalah mengurangi depresi dan melawan stres

Tertawalah, karena Manfaat Tertawa Sangat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran!

Manfaat tertawa untuk kesehatan adalah menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan.