Apakah saya mengalami gejala homosexual?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Pagi dokter. Kemarin saya tiba-tiba kepikiran mengenai hasrat seksual saya. Kadang-kadang saya lebih tertarik melihat laki-laki dibandingkan perempuan. Apakah ini tanda homosexual?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Homoseksual bukan disebabkan kelainan mental. Homoseksual merupakan sebutan untuk orang yang tertarik secara personal, emosional, atau seksual kepada orang berjenis kelamin sama dengannya. Pada laki-laki umumnya dikenal dengan sebutan "gay" sedangkan pada perempuan disebut dengan "lesbian".

Penyebab dari homoseksual tidak bisa ditentukan secara pasti, para peneliti  umumnya percaya bahwa orientasi seksual disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, antara lain lingkungan, budaya, emosional, hormonal, dan biologis. Jadi setiap orang yang menjadi homoseksual pasti dipengaruhi oleh latar belakang yang berbeda.

Homoseksual tidak lepas dari masalah dalam interaksi sosial karena adanya prasangka, stigma, dan diskriminasi, sehingga tidak jarang homoseksual memilih untuk menyembunyikannya. Jika ada keluarga atau teman yang memiliki gejala tersebut sebaiknya tidak di kucilkan atau di jauhi, coba ajak komunikasi dan bantu untuk memperbaiki diri. Jika membutuhkan informasi atau terapi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi psikiater atau psikolog.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsultasi psikologi adalah satu-satunya pilihan perawatan untuk mengatasi sindrom Munchausen

Perilaku Sering Pura-pura Sakit: Apakah Perlu Konsultasi Psikologi?

Sindrom Munchausen adalah gangguan psikologis yang menyebabkan penderitanya sering pura-pura sakit. Tujuannya, untuk mendapatkan perhatian. SIndrom Munchausen ini diakibatkan oleh kekerasan pada anak yang berdampak pada perilakunya.