14 Sep 2021, 23:56Psikologi

Terbiasa menangis tanpa sebab, ingin menyakiti diri sendiri, apakah saya depresi ?

BT
Info Penanya: BT0
Halo dok saya putri ,pelajar SMA KELAS 3 usia saya sudah 18 tahun, sudah 10 bulan belakangan ini saya mengalami banyak hal yang membuat saya merasa ini bukan diri saya, mulai dari terbiasa menangis tanpa sebab, ingin menyakiti diri sendiri, ingin bunuh diri, menarik diri dari lingkungan, susah tidur bahkan tidak bisa tidur ,rambut rontok dalam.jumblah byak, ketika berada di keramaian terutama lingkungan sekolah saya merasa cemas ,saya suka gelap dan menyendiri ,di rumah saya menjadi tempramental
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, P.Setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda dimana masalah ini dapat memicu stress dan depresi jika tidak diatasi dengan baik. Stress dan depresi dapat dialami oleh siapa saja termasuk remaja putri.

Apakah saya depresi karena semua masalah yang ada ?

Anda pelajar SMA KELAS 3 berusia 18 tahun, sudah 10 bulan belakangan ini Anda mengalami banyak hal yang membuat Anda merasa ini bukan diri Anda, mulai dari terbiasa menangis tanpa sebab, ingin menyakiti diri sendiri, ingin bunuh diri, menarik diri dari lingkungan, susah tidur bahkan tidak bisa tidur, rambut rontok dalam jumlah banyak, ketika berada di keramaian terutama lingkungan sekolah Anda merasa cemas. Anda suka gelap dan menyendiri, di rumah Anda menjadi tempramental, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Gejala depresi.
  • Gejala stress akut.
  • PTSD.
  • Gangguan cemas berlebih.
  • Gangguan emosional.
Anda sebaiknya pelan-pelan mulai memperbaiki diri dan pikiran. Tenangkan diri, isi hari-hari dengan semua kegiatan positif mulai dari membiasakn diri olahraga seperti yoga maupun renang, membaca buku yang menarik, menonton film komedi, mendengar atau memainkan musik, jalan-jalan atau pesan makan makanan kesukaan.Semua masalah baik ringan, berat maupun banyak, Anda pasti dapat melewatinya. Anda harus yakin dan jangan patang menyerah. Buang semua pikiran untuk menyakiti diri sendiri. Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikolog jika merasa tidak dapat mengahadapi semua masalah ini.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipost traumatic stress disorder (PTSD)gangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil