Nyeri saat berhubungan, apakah masih bisa punya anak?

BK Info Penanya: BK, Wanita, 36 Tahun
Dok, mohon dibantu penjelasannya 🙏Sy 37th, divorce. Awalnya Sakit keputihan yg berkepanjangan & sakit haid selama gadis, Rasanya sdh muak minumin aja antibiotik bertahun2. KELUHAN :-Nyeri berkepanjang di panggul kanan sampai tulang punggung, kaki kanan jd lemas- Nyeri perut & panggul pada saat berhub dgn posisi nungging. Sgt tdk nyman spt ada sesuatu di dlm krna terbentur penis. Apa saya ada endometriosis? Apakh dgn laparoscopy bs sembuh? Brp biaya laparoscopy? Apa sy bs punya anak? 😟
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BK,

Rasa nyeri pada panggul dan nyeri saat berhubungan seksual adalah gejala yang tidak selalu karena endometriosis. Kondisi ini bisa timbul baik karena gangguan di vagina, di rahim, ataupun di rongga panggul lainnya.

Penyebab nyeri saat berhubungan seksual

Beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan keluhan tersebut seperti diantaranya adalah:

  • Infeksi dan peradangan di vagina
  • Endometriosis
  • Kista ovarium
  • Jika sering kali mengalami infeksi bisa juga mengarah pada radang panggul
  • Otot vagina yang kram atau vaginismus
  • Penyakit menular seksual
  • Adanya gangguan pada kandung kemih
  • Turun peranakan

Untuk mengertahui pasti penyebabnya baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan. Nantinya akan dilakukan sejumlah pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan panggul, pemeriksaan lab darah ataupun pemeriksaan penunjang lain seperti USG ataupun pemindaian lain yang diperlukan.

Penanganan sendiri mungkin akan memerlukan tindakan lebih lanjut tergantung dari penyebabnya. Untuk biaya dapat beragam menyesuaikan kelas fasilitas kesehatan dan tindakan yang dilakukan. Jika memiliki asuransi bisa mengikuti prosedur yang berlaku. 

Jika saat ini usia 37 tahun, masih memiliki kemungkinan untuk bisa hamil meskipun jika hamil nantinya akan termasuk risiko tinggi karena sudah berusia 35 tahun. Jadi ada baiknya bisa berkonsultasi lebih lanjut dan segera periksakan pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara mengobati mani encer yang bisa Anda lakukan

Cara Tepat Mengobati Mani Encer agar Tak Ganggu Kesuburan

Cara mengobati mani encer dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup hingga naik meja operasi. Namun, Anda terlebih dahulu harus mengenali penyebab air mani encer itu sendiri.