18 May 2021, 20:53Kandungan

Sering berhubungan intim setelah haid, apakah bisa hamil ?

RA
Info Penanya: RA0
Malam duk saya mau bertanya bln kemarin saya haid tgl 18,selesai haid saya sering melakukan hubugan intim dgn suami saya, sampai sekarang saya belum haid bln ini sekarang sudah tgl 18,saya sering nyeri di pinggang bawah bagian kanan,apakah saya hamil?
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Berhubungan intim bersama pasangan adalah salah satu jalan memperoleh keturunan. Peluang kehamilan akan semakin besar saat wanita tidak menggunakan alat kontrasepsi, laki-laki tidak menggunakan kondom, wanita dalam masa subur, dengan kualitas sperma yang baik pada pasangan.

Kenapa belum kunjung haid, apakah hamil ?

Anda yang bulai April haid tangga 18 dan hingga tanggal 18 Mei belum kunjung haid, dimana siklus menstruasi Anda saat ini 30 hari, masih dalam rentang normal. Siklus haid normal terjadi sekitar 21 hingga 35 hari. Jika hingga tanggal 23 Mei Anda tidak haid, maka siklus haid Anda memanjang dimana keluhan dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kehamilan dimana keluhan telat haid dapat diikuti dengan nyeri perut bawah seperti yang Anda alami, frekuensi BAK meningkat, timbul flek kecoklatan, rasa tidak enak pada payudara, mood naik turun.
  • Gangguan hormon karena penggunaan alat KB, sedang stress, terlalu lelah, memiliki BB tidak ideal.
  • Gangguan hormon tidroid.
  • PCOS.
Selain penyebab di atas keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik) dan gejala PMS. Anda dapat melakukan test pack secara berkala, dan USG di dokter kandungan jika hasil masih meragukan. Jika hasil negatif, maka gunakan KB saat Anda belum ingin hamil.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil