10 May 2021, 22:34Kandungan

Kapan masa subur setelah haid berakhir ?

UR
Info Penanya: UR0
Hallo dok,3 hari sesudah haid saya melakukan hubungan intim dng suami saya, tapi sperma dikeluarkan diluar. Apakah saya bisa hamil? 3 hari sesudah haid apa itu yg disebut masa subur wanita?
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, U.Berhubungan intim di masa subur meningkatkan peluang terjadinya kehamilan terutama tanpa menggunakan kondom maupun alat kontrasepsi. Namun pembuahan belum tentu terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti kualitas sperma tidak baik, jumlah sperma tidak cukup, sperma tidak tahan dan mati melewati saluran reproduksi wanita. 

Bagaimana cara menentukan masa subur ?

Masa subur adalah bagian penting dalam menentukan kehamilan. Masa subur ditandai dengan keluarnya sel telur dari ovarium untuk siap dibuahi sperma. Gejala yang dapat dirasakan wanita saat masa subur antara lain badan terasa lebih hangat, gairah seksual meningkat, keluar keputihan yang cair tanpa disertai bau maupun gatal.Masa subur dapat terjadi sekitar 12 hingga 14 hari setelah menstruasi hari pertama. Jadi jika Anda haid selama 7 hari, maka masa subur sekitar 5 hari pasca haid. Namun sperma masih dapat bertahan di dalam vagina maupun saluran tuba selama 5 hari, sehingga tidak menutup kemungkinan kehamilan dapat terjadi walau berhubungan tidak di masa ovulasi.Walau pasangan Anda melakukan ejakulasi di luar vagina, cairan mani sebelum ejakulasi berlangsung bisa mengandung sperma. Untuk itu lakukan test pack jika Anda telat haid di periode menstruasi selanjutnya, atau konsultasi ke dokter kandungan untuk pemilihan KB yang tepat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilanmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil