Saat ini merasa mual dan kram perut apakah saya hamil?

SU Info Penanya: SU
Dok saya mau bertanya siklus haid saya tidak teratur semenjak awal pernikahan sampai sekarang ,, bulan kemarin saya haid tanggal 16 berakhir tanggal 18 dan bulan ini sampai tanggal 23 saya belum haid juga , ,tetapi yang saya rasakan mual badan meriang dan keram di perut selama dari tanggal 15 bulan ini sampai sekarang apakah saya bisa dikatakan hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang O,

Kram perut dan mual adalah gejala yang bisa timbul karena masalah pencernaan ataupun penyebab lain salah satunya tanda kehamilan. Jika disertai terlambat haid dan rutin melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman atau kontrasepsi, bisa coba lakukan tes kehamilan menggunakan testpack.

Untuk meredakan mual dan kram perut bisa dengan beberapa cara seperti mengonsumsi makanan yang lembut, hindari makanan asam, pedas, santan, ataupun minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, soda, teh ataupun kopi. Karena mual dan kram perut juga bisa timbul karena gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung, infeksi saluran pencernaan ataupun masalah pencernaan lain jadi bisa juga mengonsumsi antasida sebelum makan untuk meredakan gejala dan minum vitamin B6.

Jika hasi pemeriksaan testpack negatif, boleh diulang dalam 14 hari kedepan. Jika belum juga haid dan kembali negatif, berarti bukan disebabkan oleh kehamilan. Beberapa yang bisa jadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur dan haid terlambat diantaranya adalah:

  • Penggunaan kontrasepsi
  • Ketidakseimbangan kadar hormon tubuh
  • Berat badan yang berlebihan atau penurunan berat badan yang ekstrim
  • Adanya masalah atau gangguan di organ reproduksi wanita seperti miom, PCOS, kista
  • Gangguan tiroid ataupun gangguan kesehatan lain
  • Penggunaan obat-obatan

Jadi jika tetap tidak haid dan pemeriksaan testpack negatif bisa periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan kerang untuk ibu hamil tergolong aman bila diolah dengan benar

Apakah Boleh Makan Kerang untuk Ibu Hamil?

Makanan laut seperti kerang merupakan salah satu jenis makanan yang kerap diinginkan ibu hamil. Tapi, pertanyaannya, amankah makan kerang untuk ibu hamil?