Apakah siklus menstruasi yang terlambat karena kehamilan?

EM Info Penanya: EM, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok saya mau nanya saya berhubungan intim tanggal 24 sama pasangan saya telat 4 hari tapi pms tanggal 23 normal ada gumpalan darah,bulan ini saya belum melakukan hubungan intim dok dia sakit cacar,dan berat badan nya turun45kg ,tapi gak menyebar ketubuh hanya 2 tempat di payudara sama dibahu belakang seharus nya dia pms tanggal 23 ini dok tapi dia gak pms apakah dia hamil atau tidak dok,mohon dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus menstruasi pada wanita dimulai sejak saat remaja sampai dengan seorang wanita mengalami menopause. Siklus menstruasi dapat dikatakan sebagai siklus yang normal bila terjadi dalam 21 hingga 35 hari. Untuk mengetahui siklus menstruasi dapat dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini sampai dengan hari pertama saat Anda menstruasi pada bulan berikutnya. Penyebab terlambatnya siklus menstruasi salah satunya memang karena adanya kehamilan, namun banyak hal lain yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruas diantaranya adalah:

Terkait dengan keluhan Anda, utnuk dapat memastikan kehamilan dapat dilakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Selain dengan tes kehamilan, tanda pasti dari kehamilan adalah dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan.

Hindarilah stres dan kelelahan, konsumsilah makanan yang bergizi siembang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, lakukanlah istirahat dengan cukup. Bila keluhan dirasa belum membaik, atau hasil tes kehamilan menunjukkan positif segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat menstruasi kram perut akan dialami oleh kaum wanita

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid Secara Alami

Kram perut dapat dialami ketika menstruasi datang. Terdapat beberapa cara alami untuk mengatasinya, seperti minum teh herbal, mengurangi stres, pijat, akupuntur dan lainnya.