29 Jun 2020, 16:05Kandungan

Apakah saya hamil?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya tanggal 26 mei kemarin lepas kb implan, tadinya saya mau lanjut saja kb pil, bulan selanjutnya saya telat haid seminggu, tapi krna suami ingin punya anak lagi saya berhenti konsumsi pil kb saat keadaan haid, saat berhenti haid diikuti keputihan, krna sudah hampir setahun saya tidak mengalami keputihan banyak seperti skrg, tapi dua hari kemudian keputihan diikuti bercak darah, dua hari kemudian lagi, perut saya terasa kram dan sekarang perut terasa kencang, apakah saya hamil?
15028 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang J,Apabila tidak menggunakan kb dan aktif berhubungan seksual, kemungkinan hamil bisa terjadi. Jika setelah haid yang terakhir melakukan hubungan seksual, bisa saja terjadi kehamilan. Untuk itu apabila ada keterlambatan haid bisa diperiksakan menggunakan testpack.Untuk keluhan yang timbul sendiri bisa karena beberapa kemungkinan seperti:
  • Tanda hamil
  • Gejala premenstrual sindrom
  • Gangguan pencernaan
  • Masalah organ reproduksi
  • Infeksi kewanitaan baik karena bakteri ataupun karena jamur sehingga menimbulkan keputihan
Keputihan sendiri perlu diperhatikan apakah menjadi berubah warna, berubah konsistensinya ataupun disertai gejala tambahan seperti rasa gatal, bau khas ataupun nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual. Jika ada gejala tersebut maka perlu diperiksakan agar diketahui apa penyebabnya.Basuh bagian kewanitaan dengan air hangat, hindari menggunakan sabun khusus kewanitaan, ganti pakaian dan pakaian dalam lebih teratur dan juga bisa hindari pakaian yang ketat untuk membantu mengatasi keputihan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilanpenggunaan kbkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil