Terlambat menstruasi dan sudah tes kehamilan negatif, apakah hamil?

CA Info Penanya: CA, Wanita, 30 Tahun
Selamat pagi dok ..saya wanita berusia 30 tahun sudah menikah dan mempunyai putra 1 usia 7 tahunsaya hampir 1 1/2bulan belum menstruasi ..tapi hasil tespek negatif dan keputihan saya lebih banyak dan tidak seperti biasanya dok semenjak telah mensdan kondisi perut saya semakin buncit ..sudah coba ke bidan hasilnya ditespek ulang aja tetep negatif saya mau nanya dok .. apakah gejala saya ini karena hamil tp Belum terdeteksi apa ada gejala penyakitterima kasih dok untuk respon baik nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Selain karena kehamilan, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Normalnya, siklus menstruasi adalah 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. 

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi terlambat adalah:

Keputihan yang tidak berwarna, tidak berbau serta tidak disertai rasa gatal merupakan kondisi normal yang dirasakan oleh setiap wanita. Hal ini merupakan salah satu upaya dari vagina untuk membersihkan diri dari bakteri atau benda asing lainnya. Namun, keputihan yang banyak, berbau, serta berwarna (bisa kekuningan, kecolatan, atau bahkan kehijauan) bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi virus, infeksi penyakit menular seksual atau karena kondisi medis lainnya.

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan USG. Sehinga Anda mendapatkan terapi dan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Usahakan untuk tetap  menjaga kebersihan area kewanitaan, gunakan pakaian dalam dengan bahan menyerap keringat, ganti pakaian dalam 2-3 kali sehari, konsumsi makanan bergizi dan cukupi kebutuhan cairan Anda.

Semoga bermanfaat.



Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.