Haid dan darah implantasi, bagaimana perbedaannya ?

D Info Penanya: D, Wanita
Dok, sy tgl 13 juni berhubungan dgn suami tapi keluar di luar dan tgl 24 juni sy mens sepertinya dok. karena terjadi 7 hari dan hari ke 2 darahnya baru deras dok. apakah masih mungkin saya hamil? karena saya berhubungan di masa subur saya. karena pada bulan mei sy mens tgl 26 mei dok. karena saya baru pengantin baru dan belum mau punya anak dok. apakah itu darah implantasi atau darah menstruasi dok? sy juga tes pack dan hasilnya negatif tgl 6 juli.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Haid adalah perdarahan yang normal terjadi pada wanita setiap bulannya. Haid merupakan hasil peluruhan sel telur dari proses ovulasi yang tidak dibuahi. Secara normal, siklus haid terjadi setiap 21-35 hari. Sedangkan periode haid normal berlangsung selama 3-8 hari. Volume darah haid umumnya berkisar antara 30-70 ml (5-12 sendok teh), namun setiap wanita mungkin mengalami perdarahan yang berbeda-beda, baik lebih sedikit maupun lebih banyak. 

Sedangkan darah implantasi adalah perdarahan yang relatif ringan dan umumnya terjadi pada masa awal kehamilan. Banyak wanita yang keliru antara perdarahan haid dan perdarahan implantasi. Biasanya perdarahan  implantasi terjadi pada 6-12 hari setelah proses pembuahan. Warna darah implantasi umumnya lebih terang dari darah haid dan dapat pula berbentuk bercak kecoklatan. Darah implantasi tidak bergumpak dan volumenya jauh lebih sedikit dari darah haid. Durasi perdarahan berkisar 3 sampai 7 hari.

Berikut artikel lengkap mengenai perbedaan haid dan perdarahan implantasi, sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Untuk lebih memastikan jenis perdarahan yang Anda alami, Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack kembali berselang satu minggu setelah pemeriksaan yang pertama kali. Jika hasil nya masih negatif maka kemungkinan perdarahan yang dialami adalah haid.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan hormon dapat menyebabkan ibu hamil ngidam

Bukan Bawaan Bayi, Ini Sebabnya Ibu Hamil Alami Ngidam

Penyebab ngidam pada ibu hamil adalah kurangnya asupan nutrisi tertentu, perubahan hormon, serta perubahan pada indera perasa dan penciuman. Ngidam pada ibu hamil adalah hal yang biasa.