Gangguan kecemasan dan gangguan panik

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Saya mudah sekali panik saat dalam tekanan sering overthinking untuk hal yang belum terjadi, sering memikirkan hal-hal yang sudah terjadi, sulit konsentrasi hal-hal tersebut seringkali membuat saya sesak nafas, banyak orang yang menganggap panik saya sulit dikontrol apakah saya anxiety disorder atau ada kemungkinan mengalami gangguan mental lain? Bagaimana cara saya mengetahui apa yang terjadi pada saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Gangguan kecemasan adalah rasa khawatir berlebihan terhadap suatu hal yang belum pasti terjadi, dan berlangsung terus-menerus lebih dari enam bulan. Gangguan kecemasan biasanya dipicu oleh bayang-bayang pengalaman masa lalu, dan terjadi secara terus-menerus.

Sedangkan gangguan panik adalah kondisi serangan panik yang berulang, dimana serangan panik didefinisikan sebagai rasa takut atau gelisah berlebihan yang muncul tiba-tiba. Sekali serangan, rasa panik biasanya muncul selama 10-20 menit.

Baik gangguan kecemasan maupun gangguan panik dapat memberikan gejala yang sama, seperti keringat dingin, jantung berdebar, pusing, serta mual. Oleh karena itu, menjawab pertanyaan Anda, untuk mengetahui apa yang terjadi secara pasti perlu dilakukan pemeriksaan mendalam oleh psikolog atau psikiater.

Nantinya, akan dilakukan tanya jawab yang menyeluruh terkait kondisi masa lalu dan masa sekarang, serta pandangan tentang masa depan. Jika dibutuhkan, akan dilakukan pemeriksaan penunjang juga untuk membantu menegakkan diagnosis. Setelah jelas, barulah akan diberikan obat-obatan atau psikoterapi yang sesuai.

Di samping berkonsultasi kepada ahli, Anda juga dapat berlatih napas atau menenangkan diri dengan melakukan yoga atau meditasi secara rutin. Lalu, berbagilah kepada orang yang Anda percaya untuk meringankan beban pikiran. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi ketakutan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional.

Ketakutan Berlebihan? Tenangkan Diri dan Ketahui Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ketakutan bisa dengan menenangkan diri, mengidentifikasi penyebabnya, mengganti pola pikir, selalu bersyukur, dan berbicara dengan orang sekitar.