Apakah bisa hamil jika melakukan seks tanpa pasangan?

KA Info Penanya: KA, Wanita, 1 Tahun
selamat malam dok, umur saya 18thn, saya melakukan seks tanpa pasangan apakah saya akan mengalami hamil? saya telat haid dan sebelum haid saya mengalami bercak coklat dan sesudah haid mengalami bercak coklat lagi. apakah kemungkinan saya akan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KA,

Masturbasi adalah kegiatan seksual yang dilakukan sendiri atau tanpa pasangan, dimana melakukan rangsangan pada alat kelamin untuk mendapatkan kepuasan seksual.

Masturbasi sendiri tidak membuat hamil, tapi bisa menimbulkan sejumlah risiko seperti misalnya:

  • Infeksi saluran kemih
  • Memicu keputihan
  • Menimbulkan kecanduan
  • Mengganggu ketika berhubungan secara langsung dengan pasangan
  • Memicu penurunan sensitivitas seksual

Masturbasi sendiri juga memiliki manfaat seperti bisa mengetahui lokasi agar lebih mudah orgasme, meningkatkan produksi hormon oksitosin, dopamin, endorfin yang bisa menimbulkan perasaan baik, rileks dan rasa senang, menurunkan stres dan lainnya.

Meskipun begitu perlu diperhatikan agar tidak sampai kecanduan yang bisa berpengaruh pada produktivitas sehari-hari dan jangan sampai terjerumus pada kecanduan konten pornografi yang bisa memicu terjadinya seks bebas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ereksi tahan lama hingga lebih dari 4 jam perlu penanganan medis dengan segera

Ereksi Tahan Lama Namun Menyakitkan, Apa yang Terjadi?

Ereksi tahan lama hingga berjam-jam tanpa adanya stimulus seksual adalah salah satu gejala priapismus. Priapismus adalah kondisi ketika seorang pria ereksi tahan lama namun menyakitkan.