Apakah saya mengalami gangguan kecemasan?

RF Info Penanya: RF, Wanita, 18 Tahun
hi dok, saya tahun ini akan berumur 17 tahun. dok, saya ingin tanya karena dari saya kecil saya suka menangis dan cemas berlebih sampai ingin muntah jika akan menghadapi sesuatu. bahkan sampai skrg masih seperti itu. contoh kejadian seperti saya akan ada presentasi di hari Minggu, nah saya bisa kepikiran sampai tidak nafsu makan dari seminggu sebelumnya. Apakah saya memiliki gangguan atau itu wajar ya?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RF.

Gangguan kecemasan adalah kondisi ketika seseorang merasa khawatir dan takut akan sesuatu yang belum pasti terjadi. Perasaan ini dialami sehari-hari, dan bisa datang kapan saja tanpa ada pemicu yang jelas.

Beberapa gejala yang dialami saat rasa cemas menyerang adalah:

  • Rasa gelisah
  • Susah tidur
  • Perubahan emosi, seperti mudah marah atau menangis
  • Keringat dingin
  • Apabila parah, bisa muncul gejala fisik seperti pusing, mual, maupun jantung berdebar

Kondisi yang Anda alami mungkin saja adalah gangguan cemas, akan tetapi diagnosis penyakit tersebut perlu ditegakkan oleh mereka yang pakar di bidangnya, yaitu psikolog atau psikiater (dokter spesialis jiwa). Oleh karena itu, periksakan kepada dokter dengan meminta pendampingan dari orangtua atau wali, ya.

Selain itu, hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gangguan kecemasan adalah dengan mencoba berpikir positif. Lalu, berbagilah beban pikiran kepada orangtua, sahabat, atau kerabat dekat lainnya. Lakukan yoga dan meditasi secara rutin, agar menjadi lebih rileks dan tingkat stres lebih terkendali. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering selfie adalah ciri orang gangguan kepribadian narsistik

Mengenal Cara Hadapi Orang Gangguan Kepribadian Narsistik

Orang gangguan kepribadian narsistik atau narcissistic personality disorder adalah kondisi kesehatan mental yang memerlukan diagnosis dengan ahli kejiwaan.