Apakah sandal refleksi bisa mengurangi penyakit?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya berniat untuk membelikan mama saya sandal refleksi, karena katanya itu ampuh untuk mengurangi beberapa penyakit. Apa benar begitu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Sandal refleksi adalah alas kaki yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Sandal tersebut memiliki tonjolan-tonjolan kecil, yang akan terinjak pada saat digunakan. Tonjolan-tonjolan ini berfungsi untuk menyentuh titik-titik saraf pada kaki yang terhubung dengan bagian tubuh tertentu.

Berikut beberapa manfaat yang dipercaya dapat dirasakan dengan menggunakan sandal refleksi:

  • Menyeimbangkan sistem tubuh, sehingga kekebalan tubuh meningkat
  • Membantu tubuh memproduksi hormon kebahagiaan, dan mengurangi tingkat stres
  • Melancarkan aliran darah, sehingga mampu membantu mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Membantu menjaga kesehatan otot dan persendian

Tetapi, sampai saat ini, belum ada cukup banyak studi ilmiah yang cukup untuk memastikan apakah sandal refleksi benar-benar memiliki manfaat tersebut. Selain itu, sandal refleksi juga bisa menyebabkan efek samping. Rasa tidak nyaman atau nyeri mungkin terjadi pada awal-awal menggunakannya. Jadi, apabila ada rasa nyeri, jangan dipaksakan, ya.

Nah, apabila Anda ingin terhindar dari segala penyakit, sebaiknya lakukan pencegahan ketimbang pengobatan ya. Terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan mengendalikan tingkat stres dengan yoga atau meditasi. Lakukan juga olahraga rutin atau bergeraklah secara aktif 30 menit per hari. Apabila ada keluhan kesehatan, segera konsultasikan kepada dokter, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi faring adalah sebagai jalur udara, makanan, dan air

Mengenal Fungsi Faring Pada Manusia?

Faring sebenarnya dikenal sebagai tenggorokan dan membentang dari bawah tengkorak sampai ke tulang rawan krikoid yang berada di trakea. Namun, tahukah Anda bahwa fungsi faring tidak hanya sebagai jalur untuk udara, makanan, dan air, tetapi juga membantu Anda untuk bisa berbicara.