Apakah sambal matah bisa sebabkan penyakit serius?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, akhir-akhir ini saya sering mengonsumsi sambal matah. Efeknya perut saya jadi sering terasa panas dan diare. Apakah sambal matah bisa sebabkan penyakit serius?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Sambal matah adalah sambal tradisional khas Bali, yang terbuat dari bahan-bahan matah (mentah). Berbeda dengan sambal lainnya, bahan-bahan sambal matah tidak diulek atau digerus. Selain itu, bahan-bahannya juga tidak digoreng terlebih dahulu. Beberapa bahan yang biasanya lazim dipakai untuk membuat sambal matah adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam, daun jeruk, air perasan jeruk limau, serta terasi. 

Terkait kondisi perut panas dan diare yang Anda alami, bisa jadi disebabkan oleh konsumsi sambal yang terlalu banyak. Gejala-gejala pencernaan lain seperti mual, muntah, ataupun nyeri perut juga bisa dialami. Sambal apapun, tidak hanya sambal matah, dapat menyebabkan hal tersebut.

Pasalnya, terlalu banyak makanan pedas dapat mengiritasi dinding lambung dan usus. Selain itu, bagi orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat maag atau tukak lambung, makanan pedas dapat semakin mengikis dinding lambung, sehingga gejala akan semakin parah.

Untuk sementara, Anda dapat mengurangi dulu konsumsi sambal sampai gejala yang Anda alami mereda. Konsumsilah probiotik untuk memperbaiki saluran pencernaan, seperti dari yogurt atau kombucha. Konsumsi juga air putih yang cukup, ya. Apabila gejala tidak mereda, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab perut panas dan diare yang Anda alami. Lalu, dokter akan memberikan obat-obatan yang tepat dan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya semangka jika dimakan berlebihan bisa menyebabkan overhidrasi.

10 Bahaya Semangka Jika Disantap Berlebihan

Bahaya semangka jika dimakan berlebihan tidak boleh diremehkan. Sebab, apapun yang dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan kerugian. Mengenal bahaya semangka bisa membantu Anda menahan diri dari keinginan untuk menyantapnya secara berlebih.