07 Jun 2020, 19:49Kulit & Kelamin

Apakah saluran sperma bisa disambung kembali setelah vasektomi?

TK
Info Penanya: TK0
Dok, apakah setelah vasektomi, saluran sperma suami saya bisa disambungkan kembali? Kalau bisa, dimana suami saya harus menghubungi? Terima kasih
15113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam TK,Vasektomi adalah metode kontrasepsi mantap dimana dilakukan pemutusan saluran pria untuk memotong saluran sperma. Tujuannya agar sperma dari testis tidak bisa lagi keluar bersama dengan air mani saat terjadi ejakulasi.Keputusan melakukan vasektomi sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan yang mantap dan juga didukung kondisi yang memadai seperti misalnya apabila sudah memiliki cukup anak, tidak lagi menginginkan memiliki anak tambahan, pasangan Anda juga sudah dilakukan tindakan steril, pasangan Anda memiliki risiko jika harus kembali hamil dan lainnya.Meskipun merupakan kontrasepsi mantap atau kontrasepsi permanen, tetapi saluran vas deferens yang dipotong pada tindakan vasektomi dapat kembali disambung dengan metode operasi. Metode ini mungkin dilakukan tetapi bisa keberhasilannya bisa ditentukan dari beberapa faktor seperti:
  • Lama jarak dari dilakukanya vasektomi ke penyambungan kembali
  • Ada tidaknya gangguan atau penyakit penyerta lain
  • Usia saat dilakukan vasektomi dan saat dilakukan penyambungan kembali
  • Kondisi testis dan juga sperma 
  • Status gizi 
Apabila telah dilakukan vasektomi dan menginginkan kembali membuka saluran sperma, Anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter spesialis urologi di kota Anda agar dapat dijelaskan mengenai kemungkinan tindakan yang akan dilakukan, risiko yang dapat timbul dan juga hal lain sesuai dengan kondisi suami Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
vasektomipenggunaan kbkontrasepsisperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil