03 Oct 2019, 03:22Kandungan

Apakah saat Hamil Muda Boleh Minum Probiotik?

K
Info Penanya: K, Wanita, 21 Tahun
Kalo lg hamil muda boleh gk sih dok minum yakult
43923 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Annissa Fadila
(0)
Selamat sore!
Terimakasih K atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.
 
Minuman probiotik berisikan bakteri baik yang membantu pencernaan. Kondisi hamil tidak terpengaruh oleh konsumsi minuman probiotik.
Sehingga aman untuk ibu hamil baik hamil muda maupun sudah hamil trimester akhir untuk mengonsumsi minuman probioitik ini.
 
Saat hamil muda atau trimester awal, terdapat perubahan-perubahan tubuh akibat perubahan hormon. Berikut hal hal yang mungkin terjadi pada saat awal kehamilan:
  • Morning Sickness
    Rasa mual muntah terutama pada pagi hari disebabkan oleh peningkatan hormon beta HCG. Hormon ini meningkatkan produksi asam lambung pada awal kehamilan. Bila muntah terjadi berlebihan hal ini disebut dengan Hiperemesis Gravidarum.
  • Sembelit
    Peningkatan hormon progesteron dapat berpengaruh pada pergerakan usus yang mengakibatkan sembelit.
  • Sering Buang Air Kecil
    Akibat peningkatan hormon dan pertumbuhan rahim yang dapat menekan kandung kemih, biasanya terjadi peningkatan frekuensi buang air kecil.
  • Perubahaan Mood
    Saat kehamilan terjadi berbagai perubahan hormon untuk menyesuaikan tubuh dengan kehamilan. Akibat perubahan hormon ini biasanya diikuti perubahan mood atau suasana hati.
Lalu apa yang sebaiknya dilakuan ibu saat awal kehamilan?
  • Konsumsi Asam Folat
    Pada trimester awal kehamilan, terjadi perkembangan saraf janin. Apabila terjadi kekurangan asam folat dapat berpengaruh pada perkembangan otak janin di masa mendatang, serta meningkatkan risiko terjadinya anencephaly (lahir tanpa tempurung kepala), spina bifida (celah pada tulang belakang), celah langit-langit mulut, dan celah bibir.
  • Konsumsi Zat Besi
    Pada ibu hamil sering ditemukan kekurangan zat besi dan anemia. Kekurangan sel darah merah dan zat besi pada kehamilan beperngaruh apda perkembangan janin. Serta apabila ibu mengalami anemia, dapat terjadi persalinan yang berisiko akibat kekurangan darah.
  • Istirahat yang Cukup
    Tiap kondisi kehamilan pada wanita dapat berbeda-beda. PAda beberapa wanita, terlalu kelelahan dapat meningkatkan risiko flek dan keguguran.
Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.
 
Salam Sehat,
dr. Annissa Fadila
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil