Apakah saat hamil muda boleh berhubungan seksual?

H Info Penanya: H, Pria
Apakah saat hamil muda boleh melakukan sex?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H,

Berhubungan seksual memang sangat penting dilakukan oleh pasangan suami istri untuk menjalin komunikasi yang baik dan menjaga keharmonisan rumah tangga, namun sering muncul kekhawatiran apakah boleh tetap berhubungan seksual ketika istri sedang hamil, terlebih bila masih hamil muda? Tentu saja tetap boleh berhubungan seksual selama kehamilan tidak ada masalah.

Perlu diperhatikan/ dihindari berhubungan seksual bila istri memiliki riwayat kehamilan atau sedang hamil dalam kondisi :
  1. Pernah keguguran.
  2. Riwayat melahirkan bayi premature.
  3. Plasenta previa.
  4. Bayi kembar.
  5. Anda memiliki penyakit menular seksual.
  6. Sering nyeri perut atau kram.

Bila istri tidak memiliki kondisi-kondisi diatas, boleh berhubungan seksual namun hindari penetrasi terlalu dalam, pilih posisi berhubungan seksual seperti terlentang, miring, atau saling berhadapan.

Bila setelah berhubungan seksual muncul keluhan seperti kram yang sangat berat, perdarahan dari vagina, segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan seks terlalu dini berisiko memperlambat proses pemulihan setelah operasi caesar.

Bumil Harus Tahu, Ini 6 Pantangan Setelah Operasi Caesar

Operasi caesar proses pemulihannya lebih lama dari lahiran normal. Mandi dan berenang menjadi pantangan setelah operasi caesar karena air bisa memperburuk luka di perut ibu.