Apakah saat hamil muda boleh berhubungan seksual?

H Info Penanya: H, Pria
Apakah saat hamil muda boleh melakukan sex?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H,

Berhubungan seksual memang sangat penting dilakukan oleh pasangan suami istri untuk menjalin komunikasi yang baik dan menjaga keharmonisan rumah tangga, namun sering muncul kekhawatiran apakah boleh tetap berhubungan seksual ketika istri sedang hamil, terlebih bila masih hamil muda? Tentu saja tetap boleh berhubungan seksual selama kehamilan tidak ada masalah.

Perlu diperhatikan/ dihindari berhubungan seksual bila istri memiliki riwayat kehamilan atau sedang hamil dalam kondisi :

  1. Pernah keguguran.
  2. Riwayat melahirkan bayi premature.
  3. Plasenta previa.
  4. Bayi kembar.
  5. Anda memiliki penyakit menular seksual.
  6. Sering nyeri perut atau kram.

Bila istri tidak memiliki kondisi-kondisi diatas, boleh berhubungan seksual namun hindari penetrasi terlalu dalam, pilih posisi berhubungan seksual seperti terlentang, miring, atau saling berhadapan.

Bila setelah berhubungan seksual muncul keluhan seperti kram yang sangat berat, perdarahan dari vagina, segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Quickie membuat rumah tangga berwarna

Seks Kilat Alias Quickie Tidak Memuaskan, Kata Siapa?

Ketika Anda dan pasangan sama-sama sibuk, seks kilat alias quickie bisa menjadi pilihan, untuk tetap menjaga kehangatan hubungan cinta. Seperti apa triknya, untuk bisa melakukan seks kilat, dan merasakan kenikmatannya?Hubungan seksual yang memuaskan, biasanya yang dilakukan secara perlahan, tanpa terburu-buru. Apalagi jika disertai dengan aktivitas saling memijat dan membelai bersama pasangan. Namun apa jadinya jika Anda dan pasangan tak punya banyak waktu? Seks kilat alias quickie sex pun men