Apakah rhinitis bisa sembuh total?

G Info Penanya: G, Pria, 23 Tahun
Selamat malam dok . . Apakah rhenitis bisa sembuh total ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang G,

Menyambung pembahasan sebelumnya di tautan ini.

Rhinitis sendiri ada beberapa jenis seperti rhinitis alergi, rhinitis non-alergi, dan kategori lain seperti rhinitis medikamentosa. Masing-masing memiliki penyebab yang berbeda dan beragam. Pengobatannya pun menyesuaikan pada penyebabnya tetapi yang utama adalah menghindari pencetus agar keluhan tidak berulang.

Pada rhinitis non alergi sendiri jika penyebab sudah diatasi maka bisa sembuh total tetapi jika ada infeksi atau pencetus kembali bisa berulang. Berbeda dengan rhinitis alergi dimana dapat terjadi berkepanjangan dan perlu pencegahan dan perlindungan lebih dari kontak alergen agar tidak kembali menimbulkan gejala.

Untuk itu yang utama adalah memeriksakan diri pada dokter ahli THT untuk mengetahui kondisi yang Anda alami, menjalankan pengobatan dan melakukan upaya pencegahan seperti menggunakan masker, mencuci hidung dengan larutan saline atau air garam, menjaga kebersihan lingkungan tinggal dan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tetapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

Hidung Tersumbat, tapi Tidak Pilek? Mungkin Anda Kena 7 Penyakit Ini

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau fiu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. 7 penyakit ini sebabkan hidung tersumbat tapi tidak pilek.