Apakah rapid test sama akuratnya dengan swab test untuk deteksi virus corona?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter sebenarnya test seperti apa sih yang akurat untuk mengetahui kita terinfeksi virus corona atau tidak? Apakah rapid test itu sama efektifnya dengan tes sebelumnya yang membutuhkan waktu berhari-hari hingga mendapat hasil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ada beberapa pengecekan atau test yang dapat di lakukan untuk pengecekan virus Corona beberapa diantaranya adalah Rapid Test dan Swab Test. 

Sama-sama digunakan untuk menguji virus Corona, nyatanya fungsi Rapid Test dan Swab Test sangat berbeda. Rapid Test merupakan tes (secara massal) yang berfungsi untuk screening potensi kasus positif virus Corona di masyarakat. Sementara, Swab Test berfungsi sebagai standar diagnostik virus Corona yang dianjurkan WHO (World Health Organization).

Rapid test menggunakan parameter uji Imunoglobin dalam darah, hasil keluar dalam hitungan menit, untuk akurasi tidak akurat, dan bisa di uji dimana saja. Sedangkan Swab Test menggunakan parameter uji DNA viru corona, hasil keluar dalam 2-7 hari, akurasi sangat akurat, dan sampel di uji di lab BSL 2.

Dan bila seseorang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona melalui Rapid Test, maka perlu dilakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mengkonfirmasi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehaat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Semprotan merica dapat menjadi pelindung diri yang efektif jika kita harus berhadapan dengan seseorang yang berniat jahat

Cara Membuat Semprotan Merica yang Efektif Menghalau Penjahat di Jalanan

Semprotan merica dapat menjadi andalan para wanita untuk menjaga dirinya dari tindak kriminalitas yang mungkin terjadi di jalanan. Selain bisa mendapatkannya di pasaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri, lho!