Apakah proses pembuahan sel telur pada seorang perempuan bisa terjadi dengan cepat?

JS Info Penanya: JS, Pria, 20 Tahun
Dok saya berhubungan intim pada tanggal 20-23 September ( pada masa subur ) kalii pertama setelah menikah, kemudian saat ini pasangan saya tidak haid sudah masuk waktu 3 mingguan.Apakah 20-23 September itu masa pembuangan telah di mulaiApakah wajar secepat itu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JS,

Pada wanita terdapat 2 hormon penting pada sistem reproduksi diantaranya hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut berperan penting baik dalam mengatur siklus menstruasi serta proses ovulasi atau pelepasan sel telur dari kandung telur wanita yang disebut ovarium. Sel telur yang telah dilepaskan akan berkumpul di lapisan endometrium dan menebal. Saat terjadi hubungan intim sperma akan memasuki rahim melalui mulut rahim dan membuahi sel telur sehingga menjadi zigot dimana proses pembuahan bisa terjadi cepat atau lambat tergantung baik jumlah,struktur,komposisi dari sel telur dan sperma. Apabila tidak terjadi pembuahan maka sel telur yang berada di endometrium akan lepas bersama dengan darah menstruasi.

Beberapa tips untuk menjaga kesehatan terutama ibu hamil diantaranya :
  1. Hindari konsumsi kafein serta garam terlalu berlebihan
  2. Kelola stres
  3. Istirahat yang cukup
  4. Minum air yang cukup
  5. Konsumsi makanan bergizi serta buah-buahan
  6. Konsumsi vitamin baik B1, B2, B12 dan vitamin C serta suplemen makanan yang mengandung omega 3 dan asam folat yang berguna untuk perkembangan otak bayi
  7. Hindari merokok dan alkohol
  8. Hindari junkfood dan makanan berlemak

Bersama ini saya sertakan artikel mengenai Ciri-ciri kehamilan 1 minggu.  Konsultasikan dengan dokter apabila ada pertaanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

IU
15 Nov 2019, 12:56
Dok sy mau tanya akhir-akhir ini sy sring psing,,mual,,kram prut,,bhkn nfsu mkn brkrg ,kepala psing bhkn skit llu pydra trsa nyeri slma hmpir 3 mnggu dan tdk ska cium aroma telur itu disebabkan oleh apa yach dok???

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.