22 Sep 2021, 00:22Penyakit Lainnya

Apakah prolaktinoma cukup berbahaya bagi kesehatan?

W
Info Penanya: W0
Dokter apa benar prolactinoma termasuk salah satu penyakit yang cukup serius? Soalnya, ada teman saya yang mengalami kondisi ini dan cara mengatasinya harus dipoerasi. Apa dampaknya untuk kesehatan? Bagimana cara mengatasi dan menghindarinya? Lalu, apakah gejala awal yang seringkali muncul untuk deteksi dini?
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang W,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Prolaktinoma merupakan salah satu tumor yang berada di kelenjar hipofisis lebih tepatnya kelenjar pituitari dimana menghasilkan hormon prolaktin secara berlebihan. Beberapa penyebab yang dapat meningkatkan resiko prolaktinoma adalah efek samping penggunaan obat antipsikotik seperti (risperidon dan haloperidol), ganggan hormon tiroid (hipotiroid), kehamilan dan menyusui.

Gejala prolaktinoma

Prolaktinoma bisa terjadi pada wanita dan juga pria. Beberapa gejala yang dapat timbul pada wanita, gangguan haid seperti haid tidak teratur atau tidak haid sama sekali, keluar ASI padahal tidak sedang menyusui atau hamil, gangguan kesuburan, munculnya jerawat berlebihan. Sedangkan pada laki-laki gejala yang sering muncul gangguan pertumbuhan payudara, disfungsi ereksi.Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar keluhan Anda tidak bertambah parah seperti ada keluhan gangguan penglihatan dan leher kaku agar diberikan penanganan dan pengobatan segera.

Beberapa cara tindakan pencegahan :

  • Konsumsi makanan bergizi dan air putih
  • Olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu
  • Terapkan pola hidup sehat
  • Management stres dengan baik
  • Hindari rokok dan alkohol
Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
susuhiperprolaktinemiahormon prolaktin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil