27 Dec 2019, 18:18Mata

Apakah prednisone bisa untuk sakit mata?

L
Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
malem dokter. saya dikasih obat prednison tablet sama teman saya, katanya bisa buat obatin mata merah saya karna alergi. dia pernah pake waktu matanya sakit juga. apa obat ini bisa untuk mata merah karna alergi?
36472 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Prednison adalah salah satu obat golongan kortikosteroid yang sering dipakai untuk mengobati peradangan misal pada penyakit radang tenggorokan, osteoartritis, selain itu juga bisa dipakai untuk meredakan reaksi alergi, asma, psoriasis, dll.Reaksi alergi bisa bermacam-macam mulai dari bersin-bersin, pilek, batuk, mata merah, berair, ruam kemerahan di kulit, bentol-bentol yang terasa gatal hingga sesak napas atau wajah yang bengkak.Yang perlu dilakukan adalah menghindari faktor pemicu alergi. Pemicu alergi bisa bermacam-macam seperti debu, seafood, telur, ikan, cokelat, kacang, cuaca dingin, serbuk bunga, bulu binatang, dll.Obat-obatan seperti antihistamin, kortikosteroid hanya membantu meredakan reaksi gatalnya saja, namun bukan menghilangkan atau menyembuhkan alerginya sendiri.

Selain itu perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara :

  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Minum air putih minimal 2 liter per hari.
  • Tidur secara teratur, hindari begadang.
  • Olahraga secara teratur, 30 menit setiap hari.
Perihal obat prednison untuk mengatasi mata merah akibat alergi memang bisa digunakan karena prednison akan membantu meredakan reaksi alergi, namun sebaiknya tidak rutin diminum karena kortikosteroid bisa menimbulkan efek samping seperti moon face (wajah tampak bulat seperti bulan) bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.Sebaiknya periksa ke dokter bila reaksi alergi tidak segera menghilang atau muncul keluhan sesak napas.Salam sehat,dr. Vina 
alergigatalmata merah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil