13 Jan 2021, 15:49Kandungan

Apakah minum pil postinor 3 hari setelah berhubungan efektif ?

SM
Info Penanya: SM0
Permisi dok,kemarin dan hari ini mrpkn hari ovulasi saya karna perut bawah saya kram sebelah kanan & sy merasa ciri2 ovulasi lainnya. Saya berhubungan pertama kali dengan suami saya tgl 11 malam tanpa pengaman dan itu pun tdk ejakulasi di dlm & hanya berlangsung ±30 detik, bhkn penis suami sy pun belum keluar precum (msh kering). Sy cemas terjadi kehamilan yg blm sy mau, apkh saya masih bisa minum postinor brdsrkan hari ovulasi saya dan hari saya berhubungan?
258 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Kehamilan adalah sebuah anugerah yang dinanti atau sebuah malapetaka saat pasangan belum mau atau siap untuk hamil. Padahal banyak sekali pasangan yang mendambakan seorang anak bahkan hingga bertahun-tahun dengan segala usaha, menghabiskan tenaga, waktu, kesabaran, dan uang hanya untuk diberikan seorang keturunan. Untuk itu, jika diberikakemudahan memiliki seorang anak, kehamilan harus benar-benar kita jaga dan kita rawat dengan baik.

Apakah minum pil postinor 3 hari setelah berhubungan efektif ?

Saat pasangan lupa atau memang tidak menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual, maka kemungkinan untuk hamil dapat terjadi, walau penetrasi dilakukan tanpa ada ejakulasi, karena saat melakukan penetrasi, kita tidak bisa memastikan apakah cairan pra ejakulasi sudah keluar dan masuk ke vagina atau belum. Penis yang masih dalam keadaan kering belum tentu cairan pra ejakulasi tidak keluar sama sekali di vagina. Konsumsi pil kontrasepsi darurat atau disebut dengan pil postinor merupakan cara yang efektif mencegah kehamilan. Namun harus diingat cara penggunaannya yaitu segera setelah berhubungan seksual hingga maksimal 72 jam setelah berhubungan. Pil kedua juga dilanjutkan 12 jam setelah pil pertama diminum. Minum pil postinor tidak dapat menjamin ovulasi dapat dicegah seutuhnya terlebih jika konsumsi sudah lewat dari waktu yang ditentukan. Untuk itu, lakukan pemeriksaan urin dan USG di dokter spesialis kandungan jika Anda mengalami telat haid setelah berhubungan seksual.Anda juga dapat menggunakan berbagai pilihan alat kontrasepsi yang ada jika belum siap untuk hamil. Namun harus dipastikan terlebih dahulu jika Anda benar-benar dalam keadaan tidak hamil sebelum menggunakan alat kontrasepsi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil