30 May 2020, 15:18Penyakit Lainnya

Apakah pompa asi elektrik aman digunakan?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, apakah pompa asi elektrik aman untuk kesehatan payudara?
12129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Pompa ASI elektrik merupakan alat yang digunakan oleh para kaum ibu untuk memompa ASI dari payudara secara otomatis. Pompa ASI ini menggunakan sistem listrik atau baterai. Penggunaannya pun cukup mudah. Tidak menguras tenaga yang banyak dan sangat efektif bagi para ibu yang bekerja. Pompa ASI elektrik terdiri dari dua bentuk yaitu dengan satu pompa dan dua pompa. Semua balik lagi ke kebutuhan masing-masing ibu. Sejauh ini, penggunaan pompa ASI elektrik sangat aman digunakan dan tidak mengganggu kesehatan payudara. Sehingga tidak membuat infeksi payudara bagi para ibu menyusui. Walaupun begitu, kebersihan pompa ASI elektrik harus dijaga agar tidak menjadi sumber infeksi. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara membersihkan dan melakukan sterilisasi pada pompa ASI elektrik. 

Cara membersihkan dan sterilisasi pompa ASI elektrik

Caranya adalah:
  • Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu. 
  • Cuci bersih semua perlengkapan pompa ASI yang dapat dicuci. Pastikan perlengkapan pompa ASI tidak berjamur dan kotor.
  • Jangan mencampur pompa ASI dengan alat dapur yang lain saat sedang dicuci. Sebaiknya gunakan wadah khusus untuk mencuci pompa ASI.
  • Rendam pompa ASI dengan air panas dan sabun pencuci. Lalu, cuci dan bilas alat pompa ASI dengan air hangat dan siram kembali dengan air panas mendidih. Hal ini bertujuan agar tidak ada kuman atau bakteri yang tertinggal di pompa ASI. 
  • Setelah itu, keringkan alat pompa ASI dengan lap kering khusus untuk alat-alat pompa ASI atau tisu. 
  • Setelah kering, bungkus kembali alat pompa ASI dengan plastik lalu simpan dalam wadah yang kering. Bisa juga disimpan dalam lemari es agar tetap steril. 
Yang terpenting dalam membersihkan pompa ASI adalah lakukan segera setelah pompa ASI digunakan. Hal ini bertujuan agar pompa ASI tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sehingga tidak membuat anak Anda menjadi sakit. Salam sehat,dr. Ester
kesehatan anakasi eksklusiftips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil