Apakah polip memicu sakit telinga

ON Info Penanya: ON, Pria, 15 Tahun
apakah penyakit polip memicu terjadinya sakit telinga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ON,

Polip merupakan pertumbuhan jaringan lunak yang bertangkai yang mudah berdarah yang bisa timbul di berbagai organ tubuh seperti telinga, hidung, saluran pencernaan dan beragam organ lain. Jika timbul di telinga bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti rasa penuh di telinga, penurunan pendengaran, timbulnya sakit kepala, keluar cairan atau telinga berdarah dan gejala lain. 

Meskipun demikian, sakit telinga juga bisa timbul tidak hanya karena adanya polip di telinga tetapi juga bisa dipicu oleh infeksi telinga, kotoran telinga yang menumpuk, adanya tumor di telinga, adanya trauma di telinga akibat garukan atau mengorek telinga, akibat tekanan seperti saat naik pesawat atau menyelam dan lainnya.

Untuk itu jika timbul sakit pada telinga atau disebut otalgia ada baiknya menceritakan pada orang tua agar diantar untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis THT agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Upayakan tidak mengorek telinga, batasi penggunaan earphone ataupun headset terlebih dalam waktu lama, dan bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Hindari sembarangan menggunakan sembarang tetes telinga ataupun obat herbal yang mengklaim mampu mengatasi polip telinga karena bisa berisiko menimbulkan efek samping karena keamanannya yang tidak diketahui pasti. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.