17 Jul 2020, 12:53Penyakit Lainnya

Apakah pistachio aman dikonsumsi penderita asam urat?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dok, ibu saya kebetulan masih punya pistachio yang dibawa langsung dari Arab. Tapi saya takut ini menyebabkan asam urat dok, apa pistachio aman dikonsumsi untuk lansia dok? Apa pistachio memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan?
6600 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Pistachio adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Timur Tengah. Pistachio adalah salah satu makanan yang bergizi, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan lemak dan protein nabati harian. Selain itu, pistachio juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Manfaat Pistachio bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya tersebut, tentunya pistachio memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya:
  • Membantu menjaga kesehatan mata
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membantu mencegah anemia (kekurangan sel darah merah)
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol, serta menyehatkan jantung dan pembuluh darah
  • Membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar
Terkait kondisi yang Anda tanyakan, sampai saat ini, belum ada penelitian yang menemukan pistachio membuat kondisi asam urat semakin buruk. Justru sebaliknya, mengonsumsi pistachio dalam jumlah yang tepat dapat membantu memenuhi sumber energi tubuh yang aman bagi penderita asam urat.Lalu, untuk usia lanjut, pistachio juga dapat memberikan manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Sebagai tambahan, pistachio juga mengandung lutein, yang dapat memperlambat proses penuaan mata. Jadi, boleh-boleh saja untuk mengonsumsi pistachio tersebut, ya. Tetapi pastikan tidak terlalu banyak, dan imbangi dengan makanan lain seperti buah, sayur-mayur, sumber karbohidrat kompleks, serta sumber lemak dan protein hewani. Apabila ada keluhan kesehatan atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait makanan yang dikonsumsi, jangan sungkan untuk mengonsultasikan kepada dokter, ya. Salam sehat,
dr Sylvia
makanan sehatnutrisi lansiaasam urat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil