Apakah pil KB Diane aman digunakan untuk menunda kehamilan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya ingin menunda kehamilan dan beberapa teman saya menyarankan pil kb diane. Sebenarnya ini obat apa yah, dok? Apakah aman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Pil KB Diane adalah salah satu merek pil KB yang seringkali diresepkan untuk wanita yang sedang ingin menunda kehamilan. Di dalam pil KB Diane ini terkandung hormon Cyproterone acetate 2 mg dan ethinyl estradiol 0,035 mg, di mana hormon ini akan berfungsi menghambat pelepasan sel telur sehingga tidak ada sel telur yang bisa dibuahi, selain itu adanya hormon anti androgen ini juga bisa mengatasi permasalahan wajah yang berjerawat.

Cara minum pil KB Diane yang terdiri dari 21 tablet ini biasanya diminum ketika hari pertama haid, diminum secara teratur setiap hari 1 tablet dan diusahakan di jam yang sama agar memberikan hasil yang efektif.

Untuk penggunaan pil KB sendiri memang tidak disarankan untuk wanita yang sedang menyusui atau yang memiliki riwayat kanker payudara, kanker rahim, atau adanya penyakit jantung serta darah tinggi, dan sebaiknya tidak digunakan bila sudah berusia di atas 35 tahun.

Perihal pil KB tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui karena di dalam pil KB Diane ini terkandung hormon estrogen yang dapat mengurangi produksi ASI.

Pil KB Diane ini aman dikonsumsi selama sesuai indikasi untuk mencegah kehamilan dan tidak adanya penyakit-penyakit atau kondisi penyulit lainnya. Sehingga sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan dulu sebelum memulai meminum pil KB Diane ini. Karena pil ini juga termasuk obat golongan keras sehingga perlu peresepan dokter untuk membelinya di apotek.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.