Apakah Petting bisa Hamil?

P Info Penanya: P, Wanita, 20 Tahun
Dok sy ingin bertanya, jadi sy melalukan petting dengan pacar sy tp kami dalam keadaan menggunakan pakaian lengkap (celana jeans+cd). Jadi kelamin kami tdk langsung bersentuhan.tapi setelah itu paginya celana dalam saya basah seperti keluar lendir keputihan. Apa itu wajar dok? Dan apakah yang saya lakukan bisa membuat saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, P

Proses kehamilan itu terjadi ketika sperma membuahi sel telur setelah dikeluarkan dari ovarium saat masa ovulasi. Cairan ejakulasi mengandung jutaan sperma tapi dari cerita anda kalau anda menggunakan jeans dan pakaian dalam kemungkinan hamilnya tidak terlalu besar. Tapi memang sperma masih bisa meresap kedalam.

Cairan yang keluar di pagi harinya kemungkinan cairan dari vagina normal yang keluar karena mendapat stimulasi dan rangsangan dari foreplay sebelumnya. Cairan vagina normal bisa bervariasi dari jumlah, bau dan warnanya. Dipengaruhi waktu dalam siklus mens anda. Misalnya saat sedang subur, menyusui, terangsang atau hamil. Masing-masing memiliki karekter sendiri. 

Sebagai wanita muda ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan, karena suatu saat anda dan pasangan bisa lupa diri dan malah beresiko buat kalian. Apakah kalian akan semakin aktif? Bila ya sebaiknya anda menggunakan kontrasepsi dengan benar. Apakah kalian eksklusif tidak berganti pasangan? Jika tidak sebaiknya anda menggunakan kondom untuk mencegah tertularnya penyakit. 

Kontrasepsi terbagi beberapa metode dari cara kerjanya :

1. Behaviour : sesuatu yang anda dan pasangan harus lakukan. Misalnya keluar diluar atau kalender. Metode ini hanya disarankan untuk yang siklus haid teratur tiap bulannya. Dan mereka yang memilki kontrol yang baik agar tidak lupa diri.

2. Barrier : Dipasang agar mencegah sperma bertemu sel telur. Paling mudah dan bisa didapatkan di minimarket terdekat. Menggunakan kondom juga dapat mencegah tertular penyakit.

3. Hormonal : mengubah kimia dan hormon wanita. Bisa dalam bentuk pil, spiral, suntik atau susuk. Efek sampingnya karena perubahan hormonal bisa mual, jerawat, bertambahnya berat badan. Tapi ada beberapa produk yang efek sampingnya lebih kecil.

4. Medical : prosedur yang mengubah tubuh seperti vasektomi atau tubektomi.

 

Statistiknya dari 100 wanita, 85 akan hamil dalam setahun tanpa menggunakan kontrasepsi. Semoga saran saya membantu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cek kondisi dan kelayakan kondom, termasuk tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakan

Ini Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Terhindar dari Kehamilan Tak Terencana

Cara memakai kondom yang benar dan aman adalah cek kondisi kelayakannya, buka pembungkus kondom dengan hati-hati hingga cek agar tak terdapat udara terperangkap pada kondom saat digunakan.