Apakah perlu KB lagi setelah haid?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya baru konsumsi pil KB satu minggu yang lalu. Tapi kemarin saya melihat ada flek darah, apakah itu haid, dok? Apakah saya harus KB lagi setelah selesai haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Pil adalah salah satu metode kontrasepsi yang dilakukan agar program KB (Keluarga Berencana) dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa jenis pil, yang masing-masingnya mengandung hormon yang berbeda. Tetapi, semua pil tersebut berfungsi untuk mencegah kehamilan, dengan cara kerjanya masing-masing.

Nah, karena pil mengandung hormon, maka tentunya produksi hormon alami tubuh akan mengalami perubahan. Berubahnya kadar hormon alami tubuh akan mengakibatkan beberapa hal, seperti misalnya gangguan siklus menstruasi (menjadi tidak teratur atau sering keluar flek), jerawat atau masalah kulit lainnya, serta nyeri pada payudara.

Oleh karena itu, kemungkinan besar flek yang Anda alami adalah efek samping dari pil yang Anda konsumsi. Selain efek samping, kemungkinan lainnya adalah memang sudah jadwal haid Anda, maupun penyebab lain seperti PCOS atau kista ovarium.

Jadi, untuk sementara, Anda dapat memantau dulu flek tersebut ya. Apabila berlangsung berkepanjangan atau menjadi deras yang berlangsung lebih dari 14 hari, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan. Selain itu, jika flek disertai dengan gejala pusing dan lemas, juga sebaiknya segera dikonsultasikan.

Lalu, menjawab pertanyaan Anda, setelah selesai haid, tentunya Anda dapat melanjutkan penggunaan kontrasepsi apabila Anda masih ingin menunda momongan. Tetapi, jika Anda dan suami menginginkan kehamilan, maka tidak usah menggunakan kontrasepsi lagi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

cara minum pil kb kombinasi dan mini pill progestin

Jangan Salah, Ini Cara Minum Pil KB yang Benar

Digunakan sesuai aturan, pil KB bisa 100% efektif mencegah kehamilan. Ikuti cara minum pil KB yang benar di artikel ini, ya!