Apakah bisa hamil setelah terkena sperma kemudian menstruasi?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok,jadi gini dok jika sperma mangenai area dalam vagina walaupun wanita itu masih perawan,tapi kami tdak melakukan hubungan inti,lalu setelah itu wanita tersebut datang haid dok can hituangan waktu setelah sperma mengenai vagina ituPertanyaan bisakah wanita tersebut bisa hamil, walau setelah dia datang haid dokTerimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya adalah terjadinya pembuahan antara sel telur dan sperma di dalam rahim. Sel telur akan di keluar saat wanita masuk dalam masa subur atau ovulasi. Masa ovulasi wanita normal umumya terjadi hari ke 12-14 sebelum menstruasi berikutnya. Jika pada masa ovulasi tersebut ada sperma yang masuk maka peluang terjadinya kehamilan akan lebih besar.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan untuk hamil tidak ada ya, karena telah terjadi menstruasi. Mestruasi merupakan suatu tanda bahwa tidak ada sel telur yang di buahi. Sehingga luruh dan terjadilah perdarahan (menstruasi).

Jika Anda dan pasangan belum menikah dan belum siap untuk hamil. Sebaiknya hindari melakukan hubungan seks yang berisiko menyebabkan kehamilan. Walaupun hanya mengesekan organ kelamin (petting) masih dapat meningkatkan resiko terjadi kehamilan. Jika ada sperma yang berhasil masuk ke dalam vagina dan wanita tersebut dalam masa subur maka peluang kehamilan masih terjadi. Bila Anda dan pasangan sudah menikah dan ingin menunda kehamilan, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, IUDatau suntik KB untuk mencegah resiko terjadinya kehamilan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
13 Jul 2020, 00:39
selamat malam dok bgni dok saya merasa.gatal dan kering stelah melahirkan normal dok sblmya tidak pernah bgini tp setelah masa nifas saya selesai knp trus timbul rasa gatal merah dan megelupas setelah kering dan saya memakai obat anti jamur beberapa hari knp mis v saya terkelupas dan perih tolg d jelaskan dokter trimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Jul 2020, 12:11
Selamat siang SU,
Vagina terkelupas dan perih pascapersalinan bisa saja disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri karena kondisi vagina yang terlalu lembab. Selain itu, iritasi karena pembalut nifas juga mungkin terjadi.
Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kebersihan vagina. Jaga juga agar tidak terlalu kering dan lembab ya. Hindari menggaruk karena bisa infeksi. Semoga bermanfaat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.