Apakah perasaan terlalu sayang dengan perempuan itu wajar ?

UA Info Penanya: UA, Wanita, 19 Tahun
Dok, kelanjutan yg tadi,. Sy akhir2 ni senang n syg bgt trhdap 1 cwe. Dy uda sy anggap sperti kakak sndri. Tp apa perasaan itu wajar? Krna rasa syg itu . Syg bgttt.. pgen selalu liat dy, pgen bs meluk dy. Bahkan trhdap suami sendri sy malas... Sy ini knpa dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, UA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Rasa sayang atau cinta merupakan emosi dasar manusia yang sering kali tidak dapat diuraikan dengan kata-kata dan diterjemahkan dalam suatu pengertian. Menurut pandangan dunia psikologi, secara teori, seorang ahli  merumuskan bahwa perasaan cinta terbentuk dari tiga komponen perasaan yakni, perhatian, kasih sayang dan keintiman.

Sedangkan untuk dimensi psikologi dalam perihal cinta meliputi, dominasi, penyingkapan diri, komitmen, kelekatan, kepuasan dan konflik. Hal-hal tersebut menguraikan pembahasan cinta dipandang dari sisi ilmu dan pengetahuan psikologi.

Mengenai pertanyaan Anda, hal yang Anda rasakan mungkin merupakan rasa kasih sayang sebagai keluarga yang membuat Anda merasa nyaman, dan mengenai peraasan Anda terhadap suami, sebaiknya dilakukan konseling pasangan untuk dapat lebih saling terbuka dalam mengekspresikan perasaan dan menyesalikan permasalahan atau konflik yang ada dalam rumah tangga.

Untuk lebih lanjut, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung kepada Psikolog agar Anda mendapatkan solusi yang terbaik. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delusi merupakan suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya

Mengenal 6 Jenis Delusi

Delusi adalah suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya. Delusi dapat dialami oleh penderita skizofrenia, psikosis, dan bipolar. Delusi memiliki 6 jenis yang mungkin tiap penderita berbeda-beda dalam mengalaminya.