Apakah penyebab tidak keluarnya air mani ?

DD Info Penanya: DD, Pria, 2019 Tahun
Permisi dok, saya ingin bertanya, saya pria berumur 18 tahun, entah kenapa sekitar 3 bulan ini saya tidak bisa mengeluarkan air mani saya, dan bahkan ketika saya mimpi basah pun tetap tidak keluar, yang keluar adalah urine, saya sudah baca beberapa artikel dan mungkin saya mengalami ejakulasi retrogade, apakah benar? saya tidak pernah menggunakan obat obatan atau bahkan operasi. saya sangat ingin pergi ke dokter untuk bertanya, tetapi tidak tahu bagaimana caranya memberitahu orangtua saya, oleh karena itu saya bertanya dsni. Saya sangat khawatir suatu saat nanti tidak dapat memiliki keturunan. jika hal ini dibiarkan, apakah akan berbahaya suatu saat nanti sehingga membuat saya tidak bisa mengikuti program bayi tabung? mohon pencerahannya karena ini sangat penting untuk saya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FI.

Kondisi yang anda alami kemungkinan adalah orgasme kering, bisa sementara atau permanen/menetap. Beberapa penyebab orgasme kering, antara lain :

  • Gangguan saraf seperti pada penyakit kencing manis, trauma saraf tulang belakang
  • Obstruksi pada saluran sperma
  • Kekurangan hormon testosteron
  • Stres
  • Penyakit genetik

Walaupun orgasme kering dan ejakulasi retrograde dapat terjadi bersamaan namun dua kondisi ini merupakan hal yang berbeda. Ejakulasi retrograde terjadi karena bagian dari leher kandung kemih tidak dapat menutup saat orgasme sehingga air mani/semen dapat masuk ke kandung kemih. Biasanya akibat penggunaan obat seperti golongan alpha-bloker atau akibat tindakan operasi pada kandung kemih atau prostat. Pasien dengan ejakulasi retrograde saat mengalami orgame akan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada air mani, tapi urin yang keluar setelah orgasme akan bercampur air mani.

Untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan DNA sel prostat yang normal, bisa memicu terjadinya kanker prostat.

Ini Dia Penyebab Kanker Prostat yang Perlu Diwaspadai

Kanker prostat umumnya menyerang pria lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Meski begitu, bukan berarti para pria yang belum berusia lansia dapat mengabaikan ancaman penyakit ini.