Apakah penyebab sering bersin pada pagi hari?

NO Info Penanya: NO, Pria, 19 Tahun
Dear dokter, saya ingin bertanya setiap hari ketika bangun tidur selalu bersin-bersin dan mengeluarkan lendir bening hingga hidung mampet. apakah ini pertanda adanya penyakit berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, NO.

Terkait dengan gejala yang Anda sebutkan, kemungkinan Anda mengalami:

  1. Rinitis Alergi. Kondisi yang terjadi saat tubuh bereaksi terhadap paparan alergi. Biasanya berupa jamur, debu, atau tungau. Bersin-bersin pada pagi hari diduga merupakan reaksi tubuh terhadap alergi berupa tungau atau debu pada kasur saat kita tidur. Rinitis alergi dapat terjadi berulang kali.
  2. Udara kering. Udara kering akibat AC dapat membuat lapisan hidung menjadi kering. Lapisan hidung yang kering tidak dapat menahan benda asing masuk sehingga mudah terkena paparan alergen. 
  3. Sinusitis. Peradangan pada sinus hidung memicu produksi lendir yang berlebihan sehingga membuat Anda menjadi pilek dan bersin-bersin. Namun biasanya lendir atau pilek pada sinusitis lebih kental.

Untuk menghindari bersin-bersin pada pagi hari, Anda dapat melakukan:

  1. Ganti sprei, sarung bantal dan guling rutin setiap minggu atau bulan untuk menghindari adanya tungau atau debu yang menempel.
  2. Usahakan cuci dan jemur bantal, guling atau kasur Anda di bawah sinar matahari terik untuk membunuh tungau-tungau yang menempel.
  3. Gunakan pelembab udara untuk menghindari hidung kering.
  4. Kondisikan kamar bersih dari debu.

Bersin-bersin pada pagi hari bukanlah merupakan kondisi yang membahayakan. Namun, hal ini dapat berulang terus menerus. Hindari paparan alergen untuk mengurangi gejala tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

NO
14 May 2019, 03:34
Dear dokter, apakah alergi tersebut bisa di sembuhkan?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi dari antibiotik dapat menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat yang paling sering menimbulkan reaksi alergi. Reaksinya bisa ringan hingga berat, salah satu reaksi alergi antibiotic yang berat adalah Stevens-Johnson Syndrome yang menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas.