Apakah penyebab sakit perut bagian bawah ?

VA Info Penanya: VA
dok saya setiap bulan selalu mengalami sakit yang aneh di bagian rahim saya atau bagian bawah puser,, selalu nyeri dan ketika nyeri itu datang saya harus menggerakkan tubuh saya agar rasa nyerinya hilang, dan itu terus meberus, saya harus bergerak agar rahim saya rasanya tidak nyeri dan itu membuat saya susah untuk tidur, ketika rahim saya nyeri sebisa mungkin saya harus bergerak dan rahim sy jg ikut bergerak untuk menghentikan rasa nyeri itu.. itu kenapa ya dok, ini terjadi setiap bulan dok.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VA.

Terkait keluhan anda apakah nyeri yang anda rasakan saat menjelang/saat/ sesudah menstruasi. Kemungkinan penyebab yang anda rasakan antara lain :

- Gangguan saluran reproduksi seperti penyakit radang panggul, radang serviks

- Gangguan saluran kemih seperti infeksi saluran kemih bagian bawah, batu saluran kemih bagian bawah

- Gangguan pada usus, seperti infeksi, obstruksi/adanya sumbatan (tinja atau massa lainnya).

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik, pemeriksaan dalam dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi iatrogenik adalah salah satu jenis infeksi saluran reproduksi

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Penyakit iatrogenik adalah infeksi saluran reproduksi akibat aktivitas yang dilakukan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di rumah sakit. Kondisi ini pun bisa terjadi akibat komplikasi penyakit yang sudah ada.