Apakah penyebab sakit perut ?

SA Info Penanya: SA
Selamat pagi Waktu saya masih tidur perut saya sakit banget sakit ini beda dengan sakit perut ingin bab, tapi saya paksakan untuk bab di toilet semua badan lemes kepala pusing juga sakit perut itu kenapa ya dok? Sampe sekarang saya masih lemes dan tapi perut udah mendingan Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Nyeri perut bisa merupakan salah satu gejala yang di rasakan oleh seseorang jika terjadi gangguan pada organ-organ di rongga perut ataupun adanya suatu trauma dari luar yg mengenai dinding perut, bisa akut ataupun kronik.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan penyebabnya, antara lain :

  • Gastritis
  • Gangguan defekasi (buang air besar)
  • Infeksi pada usus
  • Penyakit radang panggul
  • Gangguan pada hati, kandung empedu, pankreas

Sebaiknya anda ke dokter karena butuh anamnesa (tanya-jawab) lebih lanjut tentang keluhan anda, pemeriksaan fisik seperti tekanan darah, nadi, laju napas, suhu, di dengar bising usus anda, adakah penekanan pada dinding perut anda, dan pemeriksaan penunjang (laboratorium, foto polos abdomen, USG) sesuai indikasi, agar terapi yang di berikan bisa optimal.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain kram karena menstruasi, endometriosis bisa sebabkan sakit perut bagian bawah

5 Kondisi Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita

Rasa sakit perut bagian bawah pada wanita dapat disebabkan kondisi yang biasa, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat disebabkan oleh kondisi yang serius seperti radang panggul, kista ovarium, dan kehamilan di luar rahim.