Apakah penyebab nyeri ulu hati ?

MS Info Penanya: MS, Pria, 19 Tahun
hay dok saya gampang kembung kyak kesendat perut sering sandawa n kentut trus trus tiba2 skit uluh hati n kyak orang mao pinsan mkasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MS.

Nyeri pada ulu hati merupakan nyeri yang terjadi di perut bagian atas dan terasa seperti ditusuk atau panas. Biasanya disebabkan karena naiknya asam lambung. Pemicu asam lambung naik dapat berupa pola makan yang tidak teratur, makanan pemicu (asam, pedas, soda, alkohol), pola tidur, dan kondisi emosional. Beberapa penyebab nyeri ulu hati, yaitu:

  1. Dispepsia. Merupakan rasa tidak enak di bagian perut dikarenakan naiknya asam lambung. 
  2. Tukak lambung. Merupakan penyakit karena adanya luka pada lapisan lambung.
  3. Gastritis. Peradangan pada lambung yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.
  4. GERD. atau kependekan dari Gastroesofageal Refluks Disease merupakan penyakit akibat dari naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan sehingga disertai gejala nyeri dada seperti terbakar.
  5. Pankreatitis. Merupakan peradangan pada pankreas yang biasanya disertai dengan gejala percepatan detak jantung, sakit kuning, Buang air besar berbau aneh.

Jika terjadi nyeri ulu hati, maka Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini: 

  1. Longgarkan pakaian di bagian perut.
  2. Berbaring dengan kepala lebih tinggi.
  3. Konsumsi oatmeal atau roti gandum.
  4. Kompres bagian perut yang nyeri dengan air dingin.
  5. Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi obat golongan Antasida untuk menetralkan asam lambung.

Nyeri ulu hati dapat dicegah dengan cara mengatur pola makan dan pola tidur Anda. Hindari makan makanan pemicu asam lambung dan produksi gas berlebihan seperti asam, pedas, kopi, alkohol, sawi, kol, umbi-umbian, nangka, minuman bersoda bahkan rokok. Jika nyeri ulu hati disertai mual, muntah yang berlebihan, demam, sesak napas, atau diare, maka temui Dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem ekskresi manusia melibatkan organ-organ tubuh seperti organ ginjal, hati, paru-paru, sistem pencernaan, dan kulit.

Berkenalan dengan Sistem Ekskresi pada Manusia

Sistem ekskresi manusia adalah proses mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh. Tinja (feses) adalah kumpulan zat-zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, yang dikeluarkan oleh sistem pencernaan sebagai salah satu organ sistem ekskresi. Selain sistem pencernaan, ginjal, paru-paru, kulit, dan hati merupakan organ tubuh yang berperan dalam sistem ekskresi.