Apakah penyebab nyeri perut sebelah kiri?

H Info Penanya: H, Pria, 23 Tahun
"Dokter mau tanya perut sakit sebelah kiri saat di tekan dok terus badan terasa remuk kesakitan semua kepala juga agak pusing bagaimana solusinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, H

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Pada sisi kiri perut ada bagian terakhir dari usus besar dan pada wanita ovarium. Nyeri ringan biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan dapat hilang dalam satu atau dua hari. Kecuali bila nyeri terkait kecelakaan atau cedera. Maka anda perlu segera ke RS untuk evaluasi lebih lanjut.

Sebagai tanda perlunya perawatan IGD adalah :

  • demam
  • nyeri tekan berat di daerah yang terkena
  • perut membesar
  • BAB berdarah
  • mual dan muntah terus menerus
  • penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • kulit tampak kuning (jaundice)

Dalam kebanyakan kasus nyeri menetap yang hanya pada sisi kiri bawah perut disebabkan oleh diverkulitis. Yaitu peradangan kantung-kantung kecil pada usus besar. Terutama pada pasien di atas 40 tahun. Ketika kantung tersebut robek maka terjadi infeksi dan pembengkakan. Selain nyeri ada juga demam, mual, muntah dan nyeri tekan pada perut. Kadang bisa juga diare atau susah BAB. Cara menanganinya adalah dengan istirahat, perubahan pola makan dan antibiotik dari Dokter yang merawat. Pada kasus berat bisa memerlukan tindakan operasi.

Beberapa penyebab lain dari nyeri perut bawah pada kedua sisi perut adalah :

1. Gas

Disebabkan terlalu banyak menelan udara, makan berlebihan, merokok, mengunyah permen karet, makanan yang menyebabkan gas, infeksi pada usus besar. Bila disertai muntah, diare, sembelit, penurunan berat badan, mules atau BAB berdarah maka anda perlu konsultasi dengan dokter.

2. Gangguan pencernaan

Setelah makan, perut menjadi asam yang dapat mengiritasi kerongkongan, lambung atau usus. Rasa sakit lebih sering di perut atas tapi bisa juga di perut bawah. Bisa juga disertai rasa terbakar, mules, kembung, bersendawa atau mual.

3. Hernia

Hernia akibat dari dorongan organ ke bagian tubuh lain seperti otot atau jaringan di sekitarnya. Gejala lainnya semakin membesar tonjolan, meningkatnya rasa sakit, nyeri saat mengangkat, kembung, dan pegal.

4. Batu ginjal

Nyeri akibat bergeraknya batu di dalam ginjal atau ke dalam saluran kencing menuju kandung kemih. Nyeri yang timbul di perut samping, pinggang, punggung atau di bawah tulang rusuk. Nyeri bisa hilang timbul, tergantung bergeraknya batu. Selain itu kencing bisa berwarna pink, merah, coklat, keruh atau berbau. Nyeri pada saat kencing, mual, muntah atau demam.

Kemungkinan anda mengalami infeksi pada saluran pencernaan atau bisa juga batu di saluran kencing. Sebaiknya konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk penanganan selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab perut buncit pada lansia beragam, mulai dari penumpukan lemak hingga penumpukan cairan atau asites

7 Penyebab Perut Buncit pada Lansia dan Cara Mengatasinya

Perut buncit pada lansia tidak selalu disebabkan oleh tumpukan lemak. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan pembengkakan pada area perut atau perut buncit pada lansia, salah satunya gangguan pencernaan.