Apakah penyebab nyeri perut kiri bawah ?

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Dokter,perut kiri bagian bawah saya terasa sakit dan buang gas terus. Selain itu saya juga sembelit itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Nyeri perut bisa merupakan salah satu gejala yang di rasakan oleh seseorang jika terjadi gangguan pada organ-organ di rongga perut ataupun adanya suatu trauma dari luar yg mengenai dinding perut, bisa akut ataupun kronik.

Pada wanita nyeri perut kiri bawah bisa disebabkan oleh gangguan pada usus besar seperti diverticulitis,volvulus,colitis,irritable bowel syndrome, konstipasi/sembelit; gangguan pada saluran kencing misalnya infeksi dan batu saluran kencing; gangguan pada saluran reproduksi.

Sering sembelit sendiri dikarenakan kurangnya asupan serat, kurang cairan atau olahraga yang kurang atau adanya kondisi medis lain yang menyertai.

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

 Segera ke IGD rumah sakit terdekat jika:

-Nyeri makin hebat

-Demam

-Buang air besar berdarah

-Penurunan berat badan

-perut terasa tegang saat di sentuh

-mual dan muntah

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain buang air besar terus menerus, diare juga menyebabkan seseorang merasa kram perut dan kembung

Obat Diare Alami, Metode “BART” Plus Banyak Minum

Obat diare alami bisa diperoleh dari makanan yang kaya probiotik dan banyak minum air putih. Bila diare tak kunjung berhenti meski sudah diobati dengan cara alami, segera konsultasi ke dokter.