Apakah Penyebab Lidah Kehitaman ?

NI Info Penanya: NI, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Lidah saya terasa sakiti bagian ujung tapi tidak ada luka sariawan serta dibagian yang terasa sakit berwarna kehitaman. Kira* kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, NIS

Penyebab lidah warna coklat kehitaman, biasanya karena penumpukan sel kulit mati di lidah, kemudian bakteri atau zat lain ikut menempel. Bisa mengakibat peradangan atau infeksi.

Faktor penyebab lidah hitam diantaranya :

  • Antibiotik membunuh bakteri jahat dan baik di dalam tubuh. Sehingga mempengaruhi keseimbangan bakteri di mulut. Akibatnya ada bakteri atau jamur tertentu bisa tumbuh.
  • Tembakau bisa memberi noda pada sel di permukaan lidah. Baik dengan rokok atau sekedar mengunyahnya,.
  • Kopi atau teh juga bisa meninggalkan noda. 
  • Obat kumur tertentu.

Cara mengatasinya pada kebanyakan kasus hanya perlu rutin menyikat lidah anda dengan sikat gigi untuk melepas sel kulit mati dan noda di lidah. Gosok gigi dan lidahnya terutama setelah makan atau minum. Banyak minum air putih, hindari produk tembakau, kunyah permen karet sugar-free dan makan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

Bila keluhan belum teratasi, baiknya anda diskusi langsung dengan Dokter untuk penatalaksanaan selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa manfaat baking soda, selain pengembang kue, seperti menghilangkan bau ketiak dan bahan kumur

Segudang Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan yang Tak Pernah Anda Bayangkan

Soda kue atau baking soda, mungkin sudah Anda dengar sebagai bahan pengembang kue. Namun manfaat baking soda tidak hanya untuk adonan kue saja. Bahan ini sudah banyak digunakan, untuk menghilangkan noda dan bau di berbagai tempat, bahkan untuk mengatasi sakit perut karena kondisi asam.