13 Jun 2020, 14:29Perut

Tidak nyaman di dada, covid atau GERD?

MN
Info Penanya: MN0
Assalamu'alikum dokter, akhir-akhir ini saya sering merasakan rasa tidak nyaman di dada, napas sedikit sesak, tenggorokan juga seperti ada yang mengganjal, mulut saya terasa pahit dan nafsu makan saya menurun dokter. Selain itu juga saya merasakan mual, tetapi saya tidak demam. apakah ini termasuk gejala covid-19 dok? saya kahwatir sekali kalau terkena penyakit covid-19 mohon dijawab ya dok. terima kasih.
37730 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Wa'alaikum salam wr. wbSelamat siang, MGejala awal dari infeksi virus Covid-19 ini umumnya sama yaitu demam tinggi (dengan suhu minumal 38 derajat celcius), batuk (lebih sering batuk kering, namun bisa juga batuk berdahak bila terjadi infeksi skunder) dan juga sesak napas. Gejala penyerta dan komplikasi dari covid-19 ini berbeda-beda tergantung dari faktor usia dan penyakit bawaan masing-masing orang.Keluhan rasa tidak nyaman pada dada bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti adanya penyakit paru-paru, adanya penyakit jantung, atau bahkan karena panyakit pencernaan. Pada usia dewasa muda, keluhan ini sering sekali dikarenakan oleh masalah pencernaan yaitu, gastroesofageal reflux disease atau sering disebut GERD.

Adapun tanda serta gejala dari GERD adalah:

  • Rasa panas terbakar pada uluhati (heart burn)
  • Rasa tidak nyaman pada dada dan juga perut
  • Naiknya asam lambung / makanan ke kerongkongan
  • Rasa mengganjal pada tenggorokan
  • Mual dan atau muntah
  • Mulut terasa pahit
Untuk itu, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah tetap berusaha makan tepat waktu (tidak menunda / telat makan), hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, tetap berusaha mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari makanan yang bersifat (pedas/berlemak/berminyak/asam), hindari konsumsi cafein (kopi), lakukan olah raga ringan agar badan tetap bugar, istirahat cukup, cuci tangan, gunakan masker bila bepergian, jaga jarak dengan orang lain dan juga hindari stres. Bilamana keluhan tidak membaik, periksalah ke dokter sepsialis penyakit dalam terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
asam lambungmualgerdmuntahsakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil