06 Jul 2019, 05:59Penyakit Lainnya

Apakah penyebab insomnia ?

WA
Info Penanya: WA, Wanita, 2019 Tahun
Halo doc , saya mau bertanya doc , saya slalu tidur jam 2 malam kadang saya mau tidur lebih awal kenapa gk bisa doc ? Trs saya bangun jam 6 , jam 8 nya mata saya mengantuk lagi dong trs saya tidur dan bangun jam 10 , itu gimana ya doc ? Tolong di jawab ya dong
15389 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Supiah Sandra Dewi Sangadji
(0)
Selamat pagi, WA.Keluhan yang anda rasakan bisa termasuk insomnia, yaitu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk memulai tidur, kesulitan untuk mempertahankan tidur, daan rasa tidak puas dengan tidurnya.Faktor-faktor penyebab insomnia yaitu:
1) Stres, stres akibat pekerjaan, sekolah, atau keluarga dapat membuat pikiran menjadi aktif dimalam hari.
2) Kecemasan dan depresi, hal ini disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan kimia dalam otak atau kekhawatiran yang menyertai depresi.
3) Obat-obatan, beberapa resep obat dapat mempengaruhi proses tidur, termasuk beberapa antidepresan, obat jantung dan tekanan darah, obat alergi, stimulan, dan kortikosteroid.
4) Kafein, nikotin, dan alkohol.
5) Kondisi medis, gejala nyeri kronis, kesulitan bernapas dan kondisi medis lainnya dapat menyebabkan insomnia karena menimbulkan rasa tidak nyaman
Penatalaksanaan pada orang yang mengalami insomnia sebagai berikut :
  • Membuat lingkungan yang nyaman agar merasa tenang sehingga dapat memudahkan kita untuk tertidur.
  • Terapi kognitif, terapi ini dilakukan dengan cara berlatih untuk menciptakan pikiran yang positif dan yakin untuk bisa tertidur.
  • Pembatasan tidur, menghindari waktu tidur yang berlebihan disiang hari, sehingga dapat memulai tidur dengan mudah dimalam hari.
  • Latihan relaksasi jangka pendek sebelum tidur seperti meditasi dan nafas dalam dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.
  • Relaksasi mental yang dilakukan dengan cara yoga juga dapat membantu, hal tersebut dikarenakan relaksasi dapat menenangkan pikiran sehingga tubuh akan lebih tenang dan mudah untuk tidur.
  • Aromaterapi, aromaterapi lavender dapat mengatasin insomnia. Terapi ini membantu lansia untuk menenangkan diri dan mengolah stressor yang menyebabkan insomnia. Aroma minyak lavender yang terhirup akan merangsang otak sehingga memberikan relaksasi fisik, sehingga terapi ini dapat digunakan untuk menurunkan tingkat insomnia.
  • Mandi dengan air hangat dapat mengurangi kejadian insomnia. Air hangat merupakan salah satu media yang dapat memperlancar sirkulasi darah dan pernafasan karena efek hidrostatik dan hidrodinamik. Selain itu air hangat memiliki dampak fisiologis bagi tubuh yang dapat menghilangkan rasa nyeri, menenangkan jiwa, dan merelaksasikan tubuh.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung triptofan. Triptofan merupakan asam amino yang dapat menghasilkan serotonin, yaitu neurotransmiter yang dapat menibulkan perasaan mengantuk. Asam amino tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti kalkun, ikan tuna, pisang, kurma, kacang-kacangan, yoghurt dan susu.
Selengkapnya tentang insomnia, dapat anda simak pada artikel berikut. Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
gangguan tidurmasalah tidurinsomniakurang tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil