Apakah penyebab haid lebih dari sekali dalam sebulan ?

PA Info Penanya: PA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, kenapa halangan saya terjadi 2 kali dalam sebulan??padahal pada tgl 18 juni 2019, saya sudah menstruasi, dan tgl 5 juli 2019 saya menstruasi lagi, sudah 2 kali dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PA.

Haid adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Siklus haid tidak sama untuk setiap wanita. Siklus normalnya yaitu berada pada interval 21-35 hari, dengan rata-rata panjang siklus 28 hari .

Keluhan yang anda rasakan termasuk ke dalam gangguan siklus haid yaitu polimenore. Pada polimenore siklus menstruasi lebih pendek dari biasanya yaitu terjadi dengan interval kurang dari 21 hari. Perdarahan kurang lebih sama atau lebih banyak dari biasa. Polimenore dapat disebabkan oleh gangguan hormonal yang mengakibatkan gangguan ovulasi. Sebab lain adalah peradangan, endometriosis, dan lain-lain.

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.