Apakah penyebab haid lebih dari satu kali dalam sebulan ?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 2019 Tahun
Tanggal 21 saya mengalami menstruasi ,dan tanggal 5 Juli kemaren saya menstruasi lagi.pertanda apa yah dok?Tapi darahnya TDK berbau kayak seperti menstruasi biasanya.warna merah kecokelatan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NA.

Haid adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Siklus haid tidak sama untuk setiap wanita. Siklus normalnya yaitu berada pada interval 21-35 hari, dengan rata-rata panjang siklus 28 hari dan panjangnya 2-7 hari. Jika benar tgl 5 juli anda mengalami haid kembali, kondisi tersebut disebut gangguan siklus haid yaitu polimenore. Pada polimenore siklus menstruasi lebih pendek dari biasanya yaitu terjadi dengan interval kurang dari 21 hari. Perdarahan kurang lebih sama atau lebih banyak dari biasa. Polimenore dapat disebabkan oleh gangguan hormonal. Sebab lain adalah kongesti ovarium karena peradangan, endometriosis, dan lain-lain.

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi