Apakah penyebab datang bulan jadi lebih cepat?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 2019 Tahun
Apa penyebab datang bulan jadi lebih cepat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Periode datang bulan dipengaruhi banyak hal, yang pertama adalah usia. Apakah usia anda masih muda atau sudah dewasa. Dalam hal ini fase pubertas atau mendekati menopause bisa mengakibatkan perubahan siklus haid. Kemudian apakah anda sudah menikah, memiliki anak atau menggunakan kontrasepsi. Pada yang belum menikah dan memilki anak ada kemungkinan organ kandungannya memang belum matang. Kemudian penggunaan kontrasepsi secara rutin atau darurat juga bisa mengakibatkan perubahan hormon dan siklus haid. Olahraga berat dan perubahan berat badan serta rutinitas sehari-hari juga bisa mengakibatkan perubahan siklus haid. Sedangkan kondisi klinis organ kandungan seperti PCOS atau endometriosis serta gangguan metabolisme seperti diabetes dan tiroid juga mempengaruhi siklus haid.

Cara mengatasinya adalah pola hidup sehat, dengan istirahat yang cukup, menghindari stres, olahraga tidak berlebihan dan menjaga berat badan ideal. Bila anda ingin pemeriksaan lebih lanjut dapat bertemu dengan Dokter untuk evaluasi pemeriksaan laboratorium atau USG bila diperlukan. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.