Apakah penyebab dan ciri ciri orang depresi?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 11 Tahun
Assalamualaikum saya anak gadis berusia 11th saya mau nanya apakah saya itu depresi? Karna saya pernah mencoba bunuh diri mood jlk tidak nafsu makan dll
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Sebelumnya karena KS usianya masih sangat dini kami mengharapkan agar KS juga bisa berbagi cerita pada orang tua atau pada orang yang KS percaya untuk membantu masalah yang KS hadapi misalnya pada tante, sepupu yang lebih dewasa, guru di sekolah ataupun orang dewasa lain. Baik itu masalah di keluarga, di sekolah ataupun masalah lainnya agar KS bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih menyenangkan.

Depresi sendiri adalah gangguan perasaan dan suasana hati yang membuat sesorang menjadi merasa sedih yang berkelanjutan, merasa kehilangan minat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, merasa tidak berharga, merasa susah tidur, menjadi gampang lelah, ataupun menimbulkan pikiran menyakiti diri. Pada usia anak sendiri bisa ditandai dengan anak menjadi murung, prestasi belajar menurun, tidak nafsu makan, anak jadi mudah marah, tidak mau menyelesaikan tugas sekolah dan lainnya maka perlu perhatian khusus. Penyebab depresi pada anak sendiri beragam mulai dari perundungan (bullying) di sekolah, cara didik orang tua, masalah ekonomi keluarga, kurangnya perhatian dan kasih sayang, kehilangan orang yang di sayang dan lainnya.

KS harus bisa menghilangkan rasa tersebut dengan berusaha menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak baik, jalankan hobi yang disenangi, bermain dengan teman-teman KS dan juga belajar untuk terbuka pada orang yang dipercaya agar nantinya dibantu menghadapi apa yang KS rasakan. Kalau ternyata kesulitan nantinya juga KS bisa diantar untuk menemui dokter atau psikolog untuk dibantu mengatasi apa yang KS rasakan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek setelah keguguran yang bisa dialami oleh pihak wanita adalah peningkatan rasa sedih yang dapat memicu depresi

Setelah Keguguran: Efek dan Cara Mengatasi Keguguran

Efek setelah keguguran tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental. Setelah keguguran, orangtua bisa mengalami berbagai emosi negatif, seperti kemarahan, rasa duka, dan sebagainya. Cara mengatasi keguguran bisa dilakukan dengan menghadapinya sebagai pasangan dan mencari dukungan dari orang-orang sekitar.